Rapat Koordinasi Pengadaan Lahan Pemakaman Non Muslim

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN – Mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, Moh. Irkham, menghadiri kegiatan Rapat koordinasi pengadaan lahan untuk pemakaman non Muslim di ruang rapat skretariat daerah Kab. Pekalongan, Rabu (25/01/2023)

Rapat Koordinasi dipimpin oleh Asisten Daerah (Asda) 1 Pemerintah Kabupaten Pekalongan. Dalam sambutan pembukaannya, Asda 1, Toto menyampaikan bahwa  rapat koordinasi ini diselenggarakan dalam rangka menindaklanjuti permintaan umat beragama non muslim yang selama ini belum ada lahan khusus untuk pemakaman.

Lebih lanjut Toto menyampaikan, bahwa penyediaan lahan ini penting terkait memang selama ini belum ada fasilitas umum berupa lahan pemakaman untuk warga non muslim. Ia juga menegaskan dalam penentuan lahan selalu memperhatikan ketentuan yang ada, khususnya tentang kondusifitas dan kerukunan umat, jangan sampai kebijakan pengadaan lahan untuk pemakaman bagi warga non muslim ini menuai protes dari masyarakat.

Sementara itu Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, Moh. Irkham, dalam kesempatan tersebut menyampaikan masukan terkait penyediaan lahan berdasarkan pada Peraturan pemerintah No 9 tahun 1987 menyebutkan bahwa penyediaan lahan pemakaman harus jauh dari padat penduduk, bukan lahan subur, mencegah pengrusakan lahan, keselarasan lingkungan dan tidak berlebihan dalam penggunaaan lahan. (Irkham/MTb/bd)