Ulama Internasional Sudan Kunjungi Ponpes Darul Amanah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Syaikh Awadh Karim Al-Aqli, Ulama Internasional dari Sudan kunjungi Pondok Pesantren Darul Amanah Ngadiwarno Sukorejo, Rabu (11/1). Kedatangan beliau disambut hangat oleh Pimpinan Pesantren, Wakil Pimpinan, Direktur TMI serta guru Pondok Pesantren Darul Amanah. Selain menjalin silaturahmi, kedatangan beliau di Pondok Pesantren Darul Amanah yaitu melaksanakan daurah/seminar yang dilaksanakan selama tiga hari.

Syaikh Awadh Karim Al-Aqli Syekh merupakan ulama besar, seorang ahli Hadist, Fiqh, Sirah Nabawi dan Mantiq. Beliau merupakan keturunan dari sahabat Abu Yazid Aqil bin Abu Thalib, kakak tertua dari Ali bin Abi Thalib dan masih satu kakek dengan Rasulullah, yakni Abdul Muthallib.

Beliau adalah Guru Besar masjid Jami Omdurman, Sudan. Dosen di Amman, Jordan dan menyampaikan riwayat Hadist di berbagai Negara Islam, termasuk di Mesir, Kenya, Maroko, Yordania, hingga Indonesia.

Beliau sangat menyukai penelitian dan penelusuran Sanad dan Riwayat Hadist di beberapa Negara Arab. Hingga dijuluki sebagai Musnid (seseorang yang meriwayatkan Hadis) oleh Ulama Internasional.

Sebelum di Pondok Pesantren Darul Amanah, Syaikh Awadz Karim sudah mengunjungi beberapa pesantren dan tempat di Indonesia yaitu Masjid Istiqlal, Ponpes Darul Azhar, Para Korban Gempa Cianjur, Ponpes Krapyak, Ponpes Luqmaniah, Masjid Suciati Saliman, Kantor PCNU Bantul, Kediaman Habib Syekh Asegaf, Masjid Assegaf, Masjid Riyadh, Rumah Dinas Wakil Gubernur Jawa Tengah, Rumah Dinas Wakil Bupati Kendal, dan Ponpes Darul Amanah.

Setelah dari Ponpes Darul Amanah Syaikh Awadh Karim diagendakan bertemu dengan Ketua Forum Sufi Dunia yang juga anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI, Habib Lutfi bin Yahya di Pekalongan dilanjutkan Ponpes Al-Amanah, Lirboyo dan beberapa pesantren dan tempat lainya.

Di akhir rihlah dakwah, beliau akan menghadiri kegiatan resepsi peringatan satu abad NU pada bulan Februari mendatang di Sidoarjo. (DA/bel/rf)