70 GPAI Non PNS  Terima Pentasyarufan Zakat TPG GPAI PNS

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Purwokerto : Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas H. Aziz Muslim secara simbolis menyerahkan  dana zakat yang bersumber dari Tunjangan Profesi Guru (TPG) GPAI PNS se Kabupaten Banyumas kepada 70 GPAI Non PNS yang belum menerima TPG maupun insentif. Pentasyarufan dilaksanaklan di aula AL Ikhlas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas , Senin (20/3).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Agus Setiawan, Penyelenggara Zakat Wakaf Faisal Reza selaku Ketua UPZ Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas,  Pengawas Pendidikan Agama Islam, Kepala SMP 7 Purwokerto, serta 70 guru Pendidikan Agama Islam yang akan menerima dana zakat.

” Dari 70 penerima tersebut masing masing menerima Rp. 500.000,- terdiri dari GPAI SD sejumlah 55 orang, SMP sejumlah 7 orang, SMA sejumlah 2 orang, SMK sejumlah 3 orang, TK sejumlah 3 orang. Serta diberikan satu buah sepeda kepada siswa SMP Negeri 7 Purwokerto yang selama ini pulang pergi jalan kaki sejauh 3,5 km.” jelas Agus Setiawan.

Dalam sambutannya kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas menyampaikan selamat kepada GPAI yang telah menerima dana zakat, semoga semakin bergairah lagi dalam bekerja dan penuh harap semoga kelak bisa menjadi yang memberikan zakat.

“ Di Kementerian Agama ada UPZ yang menghimpun dan menyalurkan dari ASN, pemerintah berkeinginan untuk membentuk UPZ di dinas, instansi, dan masjid masjid. Harapanya  dana yang ada di UPZ dimanfaatkan untuk kesejahteraan bapak dan ibu guru.” Terang Kakan Kemenag.

Lebih lanjut H. Aziz menyampaikan bahwa DIPA PPG nasional di Kementerian Agama kuotanya sangat terbatas, hanya 5000 se Indonesia. Maka kami di instruksikan oleh Kakanwil agar bisa melakukan pendekatan dan maping kepada Pemda agar bisa dialokasikan dari APBD untuk pembiayaan PPG.

“ Dari 35 Kabupaten di Jawa Tengah ada 9 kabupaten yang sudah mengalokasikan PPG, dan Kabupaten Banyumas sudah mendapatkan lampu hijau. Artinya dari FGD kemarin sudah ada kesepakatan dan komitmen bersama untuk memberikan alokasi PPG. Kalaupun tidak tahun ini mudah mudahan bisa ditahun depan.” Ujarnya lebih lanjut.

Sementara  Imam Adi Firmansyah , siswa kelas VIII SMPN 7 Purwokerto penerima bantuan sepeda  mengucapkan terimakasih kepada Kepala Kantor dan seluruh ASN Kemenag Banyumas atas bantuan sepeda yang diterimanya.

“ Alhamdulillah , dengan adanya sepeda ini saya tidak jalan kaki lagi sejauh 3,5 km , yang jelas menghemat tenaga dan tidak capai,” jelas Imam.(tum/rf)