Gelar Upacara Tanggal 17, Kepala Kemenag Berpesan Jaga Netralitas ASN

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,- Bertempat di Halaman Kantor, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan kembali menggelar upacara pernghormatan bendera Merah Putih dan doa bersama, pada Jum’at (17/03/20230.

Sesuai dengan keputusan Menteri Agama Nomor 2 tahun 2021, seluruh satuan kerja di bawah Kementerian Agama Pusat dan Daerah wajib melaksanakan upacara serta pengibaran/penghormatan bendera merah putih setiap tanggal 17 setiap bulannya. Tujuan dilaksanakannya upacara setiap tanggal 17 ini untuk meningkatkan rasa nasionalisme, pengabdian tanggung jawab, meningkatkan kedisiplinan serta pelaksanaan gerakan revolusi mental ASN guna memperkokoh kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hadir sebagai pembina upacara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, Sukarno. Dalam arahanya Ia mengingatkan kembali program program unggulan Kementerian Agama tahun 2023 yang harus disukseskan pelaksanaanya diantaranya Kampung Moderasi, Kampung Zakat, Mandatori Sertifikat Halal, Tahun 2023 sebagai Tahun Kerukunan yang akan segera di launching dan persiapan pelaksanaan Penyelenggaraan Ibadah Haji.

Selain itu, Sukarno juga menyampaikan surat edaran Menteri PAN RB No. 01/2023 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Netralitas PPNPN dalam Penyelenggaraan Pemilihan umum dan Pemilihan. Terkait dengan netralitas ASN, menurutnya sesuai edaran tersebut netralitas dalam kontestasi politik tidak hanya berlaku bagi aparatur sipil negara (PNS), namun berlaku bagi Non-Pegawai Negeri atau PPNPN.

Untuk mewujudkan netralitas itu, Pejabat Pembina Kepegawaian akan melakukan upaya pembinaan dan pengawasan netralitas ASN.

Lebihlanjut Kepala Kemenag juga berpesan untuk menjaga kondusifitas dengan melakukan mitigasi potensi konflik menjelang kontestasi pemilu 2024.

“Terkait bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan tiba, mari kita sambut dengan hati yang gembira, perbanyak ibadah dan semua kegiatan kantor harus dilaksanakan dengan menyesuaikan pengaturan jam kerja selama bulan Ramadhan, semoga kita dapat menjalankan ibadah Ramadhan dengan lancar dan mendapatkan pahala yang berlimpah, penuh rahmat dan maghfiroh dari Allah SWT. “Tutupnya. (MTb/bd)