Layanan Paspor Menjadi Salah Satu Persiapan Penting Bagi Calon Jamaah Haji

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Menjelang musim haji, berbagai persiapan mulai dilakukan para jamaah haji yang ditetapkan berangkat tahun ini, salah satunya terkait persiapan dokumen keimigrasian. Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung berupaya memberikan kemudahan pada layanan paspor bagi calon jamaah haji melalui kerjasama dengan Kantor Imigrasi. Jamaah tak perlu lagi jauh-jauh ke Wonosobo untuk melakukan biometrik paspor karena Kantor Imigrasi kembali membuka pelayanan Eazy Paspor, sekurangnya ada 275 jamaah menikmati kemudahan layanan tersebut, dilaksanakan di gedung PLHUT Temanggung, Kamis (16/3).

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Kabupaten Temanggun, H. Eko Widodo menyampaikan terkait jumlah calon jamaah haji Kabupaten Temanggung yang dijadwalkan berangkat tahun ini sebanyak 275 orang, namun yang mengikuti proses pembuatan paspor sekitar 225 orang.

Beliau juga menyampaikan layanan Eazy Paspor menjadi jawaban kepada masyarakat utamanya calon jamaah haji yang terkendala jarak dan waktu sehingga pelaksanaan dengan sistem jemput bola tersebut sangat memudahkan jamaah.

“Layanan Eazy paspor ini diberikan kepada calon jamaah haji yang ditetapkan berangkat tahun 2023 ini. Layanan ini diselenggarakan oleh Kantor Imigrasi, kami mengusulkan data ke sana sehingga pelaksanaan bisa dilakukan di kabupaten tanpa jamaah harus jauh-jauh ke Semarang,” jelasnya.

“Layanan paspor menjadi salah satu persiapan penting bagi calon jamaah haji, dengan fasiitas Eazy Paspor tentu lebih menghemat waktu dan biaya, meningkatkan kenyamanan masyarakat serta mengurangi resiko kesalahan data,” imbuhnya.

Terakhir Kasi PHU menghimbau kepada para calon jamaah haji, agar memperhatikan kesehatan dan mentaati aturan yang ada. Hal itu supaya pemberangkatan nantinya para calon haji dalam keadaan sehat dan bisa melaksanakan ibadah haji dengan lancar.(sr/rf)