Monev Asesmen Madrasah Aliyah Tahun Pelajaran 2022/2023, Kakankemenag Kab. Pekalongan Himbau Semua Madrasah Lakukan Transformasi Digital

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN – Dalam rangka menjamin kualitas serta pencapaian standar kompetensi lulusan pada satuan Madrasah, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pekalongan melalui seksi Pendidikan Madrasah melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pelaksanaan Asesmen Madrasah Tingkat Madrasah Aliyah (MA) Se-Kabupaten Pekalongan.

Pelaksanaan Monev tersebut dilakukan sebagaimana jadwal masing-masing madrasah berpedomanan pada SOP Asesmen Madrasah dari Direktur Jenderal Pendidikan Islam, pada kesempatyan ini Bapak Kakankemenag Drs. H. Sukarno, MM berkesempatan mengunjungi MA Salafiyah Syafi’iyah Proto di Kecamatan Kedungwuni, Kamis (16/03/2023).

Pelaksanaan Asesmen Madrasah di monitoring langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Pekalongan bersama Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Bapak Gunawan, SH, Pengawas Madrasah dan Tim.

“Ini adalah kunjungan ke sekian kali saya di Madrasah ini, disamping memantau pelaksanaan Asesmen, saya juga ingin melihat bagaimana kondisi Madrasah,” ujar H. Sukarno

Dari hasil monitoring, kedua Madrasah tersebut belum sepenuhnya menggunakan sistem digital, terdapat beberapa siswa masih menggunakan cara manual.

“Tadi kita menemukan Asesmen masih semi digital, dengan lembar jawaban yang masih manual, mestinya kalau kita ingin maju, asesmennya sudah harus 100% digital,” jelas beliau

Kakankemenag pun menghimbau kepada semua Madrasah di Kabupaten Pekalongan untuk dapat terus melalukan inovasi transformasi digital khususnya dalam efektivitas pelaksanaan asesmen dengan penggunaan aplikasi digital berbasis android.

“Sehingga Madrasah mandiri berprestasi tidak hanya menjadi slogan, tapi betul-betul terimplementasi dengan baik,” tandasnya

Ke depan Kakankemenag berharap kepada seluruh Kepala Madrasah Negeri maupun swasta untuk dapat membangun komitmen bersama, memajukan Madrasah Kabupaten Pekalongan. (Kdr/Mtb/bd)