Event Syawalan, Lopis Raksasa Krapyak Digelar 29 April 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KOTA PEKALONGAN – Event khas daerah Krapyak, Kota Pekalongan saat momentum syawalan atau seminggu usai lebaran yakni tradisi Lopisan atau Lopis Raksasa bakal digelar tahun 2023 ini tepatnya Sabtu, (29/4/2023). Momen ini tentunya ditunggu masyarakat Kota Pekalongan dan sekitarnya.

Humas Lopis Raksasa Krapyak Sembawan, Iwan Kurniawan saat dikonfirmasi melalui telepon, Selasa (4/4/2023) mengungkapkan bahwa jika dari pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Fitri tahun 2023 adalah 22 April maka event lopis raksasa bakal dihelat pada 29 April nanti.

“Lopis raksasa tahun ini diperkirakan memiliki ukuran yang sama dengan tahun lalu yakni setinggi sekitar 2 meter dan di wilayah Sembawan akan diletakkan di Taman Lopis dekat sungai,” terang Iwan.

Sementara waktu pelaksanaannya, disampaikan Iwan bahwa masih dilakukan koordinasi lebih lanjut mengingat ada event Syawalan yang juga akan digelar di hari yang sama yakni Festival Ballon 2023 di Stadion Hoegeng.

Iwan menyebutkan, anggaran selain mendapatkan dukungan dari Pemkot Pekalongan, para warga juga berswadaya dan memanfaatkan bantuan sponsor.

“Semoga gelaran lopis raksasa tahun ini bisa sukses digelar dan mampu merekatkan silaturahmi serta melestarikan budaya asli Krapyak Kota Pekalongan.” tukas Iwan. (TIM KP/ANT/bd).