7 Siswa Mimau Terima Dana PIP, Wali Murid Rasakan Kemanfaatan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Program Indonesia Pintar (PIP) adalah bantuan yang berupa uang dari pemerintah melalui kementerian Agama (Kemenag). MI Maarif Al Falah Joyokusumo adalah salah satu madrasah penerima bantuan PIP tersebut. Untuk Penerima di Tahap I Tahun 2022 ini jumlahnya ada 7 siswa.

Kamis, (7/7) 3 dari 7 siswa penerima PIP mewakili pengambilan bantuan PIP di BRI Cabang Banjarnegara bersama orang tuanya dan pendamping dari Madrasah. Persyaratan pencairan sudah beberapa pekan masuk, jadi hal ini memudahkan untuk pengambilan tanpa antrean panjang.

Informasi pencairan PIP sangat ditunggu – tunggu wali murid, apalagi nantinya di awal tahun pelajaran 2022 – 2023 kebutuhan siswa baik perlengkapan berupa buku – buku dan yang lain sangat dibutuhkan. Sesuai dengan tujuan pemberian dana bantuan Program Indonesia Pintar, yaitu untuk meringankan beban para orang tua peserta didik dalam menyekolahkan dan membeli keperluan sekolah siswa. Wali murid penerima PIP sangat merasakan kemanfaatannya dan sangat bersyukur adanya bantuan tersebut.

“Alhamdulillah, Adanya bantuan PIP ini sangat membantu untuk membayar perlengkapan dan kebutuhan anak saya. Saya sangat bersyukur menerima ini, harapan saya bisa berlanjut,” ungkap Nikmah selaku wali dari Sahla penerima PIP

Adapun besaran dana PIP Tahap I masing – masing siswa Rp. 450.000. Dalam Petunjuk teknisnya penggunaan dana PIP diperbolehkan untuk pembelian buku/kitab dan alat tulis, pembelian pakaian/seragam dan alat, perlengkapan pendidikan, seperti tas, sepatu dan sejenisnya. Selain itu juga bisa digunakan untuk biaya transportasi, uang saku, ataupun iuran bulanan.

Di MI Maarif Al Falah Joyokusumo dana tersebut digunakan untuk keperluan siswa yaitu untuk membayar buku paket karena bertepatan dengan tahun ajaran baru.

“Kami sangat bersyukur meskipun dari 210 siswa di madrasah kami yang menerima hanya 7 siswa namun sangat membantu untuk meringankan biaya mereka. Uang yang diambil segera ditasarufkan kepada yang berhak untuk keperluan Pendidikan. Harapan saya untuk tahap berikutnya banyak yang terbantu adanya PIP”. Pungkas Wahyul, selaku Kepala Madrasah. (wk/ak/rf)