Abdul Hamid Beri Nilai Baik Aransi Kelas MTsN 4 Demak

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Demak – Pengawas Pendidikan Madrasah, Abdul Hamid, melakukan penilaian aransi kelas di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 4 Demak, Kamis (7/09/23).

Aransi berasal dari asal kata aransemen, diserap dari bahasa Inggris yaitu kata arrangement. Aransi sendiri memiliki makna sebuah usaha mengubah lingkungan fisik kelas di sekolah agar menjadi lebih nyaman, menarik, dan membuat betah ketika belajar.

Abdul Hamid, sebagai sosok Pengawas Madrasah yang profesional, hari itu melakukan pemeriksaan dan evaluasi berbagai aspek yang berkaitan dengan pembelajaran di MTs Negeri 4 Demak. Evaluasi dilakukan guna memastikan bahwa lingkungan pembelajaran di madrasah  yang terletak di Desa Jatisono Kecamatan Gajah itu berlangsung aman, nyaman, dan berkualitas.

Dari hasi evaluasi Hamid menyatakan bahwa MTs Negeri 4 Demak telah mengambil langkah-langkah yang tepat dalam memastikan kelengkapan kelas dan fasilitas pembelajaran.

“Kondisi fisik ruang kelas bersih dan terorganisir dengan baik. Seluruh fasilitas pembelajaran, seperti meja, kursi, papan tulis, papan hasil karya siswa, papan absensi tersedia dalam setiap ruang kelas. Sudah bagus dan harus terus ditingkatkan, “ tuturnya.

“ Kelas yang baik adalah kelas yang bisa menjadi sumber belajar bagi peserta didik. Kondisi kelas menjadi salah satu bukti indikator mutu pembelajaran,” tambah Hamid menjelaskan.

Sementara itu, Plt. Kepala Madrasah, Junaidi, menyambut baik atas penilaian aransi kelas di madrasah yang ia pimpin itu. “Sesuai arahan Bapak Pengawas, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu pendidikan madrasah kami ini,” ucapnya. “Kami menghargai kerja keras para guru dalam membantu siswa mencapai aransi kelas yang baik. Ini adalah hasil dari kerjasama tim yang baik,” ujar Junaidi mengapresiasi.

Penilaian aransi kelas ini menjadi salah satu langkah penting guna meningkatkan kualitas pendidikan madrasah. Dengan suasana kelas yang nyaman dan menarik, tentu  berpengaruh positif pada kualitas proses pembelajaran sehingga pada gilirannya akan berpengaruh positif pula pada kualitas output madrasah itu sendiri. …/bd