Abdurrosyid: ”Dibutuhkan Inovasi dan Kreatifitas Terkait Tugas Mulia Pengurus BKM”

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang (Humas) – Kasubbag TU Kemenag Kota Magelang berikan pembinaan bagi pengurus BKM (Badan Kesejahteraan Masjid) Tingkat Kelurahan se-Kecamatan Magelang Utara yang baru saja dikukuhkan, Senin (9/10/2023). Abdurrosyid menegaskan jika lahirnya BKM itu dalam rangka memakmurkan masjid-masjid, disamping sebagai tempat ibadah masjid juga sebagai sarana pembinaan umat.

”Dibutuhkan inovasi dan kreatifitas terkait tugas mulia pengurus BKM di tingkat apapun. Dan juga komitmen untuk selalu bekerja dengan ikhlas dan meningkatkan kualitas kompetensi agar mampu mensejahterakan umat,” tandas Abdurrosyid.

Pengurus BKM Tingkat Kelurahan se-Kecamatan Magelang Utara telah dikukuhkan oleh Kepala KUA Magelang Utara di Gedung Manasik Haji, disaksikan oleh seluruh lurah dan utusan dari camat Magelang Utara

Sebagai lembaga resmi BKM yang mengurus kesejahteraan masjid memiliki tugas besar untuk mengawal dan menjadikan masjid sebagai sentral pembinaan umat. Dengan terbentuknya pengurus ini diharapkan mampu meningkatkan peran dan fungsi masjid sebagai tempat ibadah dan sarana pembinaan umat Islam di wilayah kelurahannya.

“Selain sebagai sentral pembinaan umat hal penting yang harus diprioritaskan yakni aspek manajemen. Tiga fungsi masjid yaitu idaroh (managemen), imaroh (pengelolaan program) dan ri’ayah (pengelolaan fisik) harus mulai dikelola dengan lebih baik,” imbuhnya.

Mengakhiri pembinaannya, tak lupa juga ia berpesan kepada pengurs BKM yang hadir untuk tidak menjadikan masjid ajang dukung mendukung pasangan calon ataupun partai politik tertentu mengingat saat ini telah memasuki tahun politik. (HS/bel)