Akhirnya, Kirab Obor Pospenas IX Tiba di Kota Surakarta, Pospenas akan di Buka oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta (Humas) – Akhirnya obor api abadi Mrapen Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren (Pospenas) IX tingkat Nasional ini sampai di Kota Surakarta. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menerima dan membawa lari obor tersebut dari Stadion Sriwedari ke Pendopo Gedhe Balai Kota Solo, Selasa (22/11).

Kirab obor ini menjadi tanda penyelenggaraan ajang olahraga Pospenas IX tingkal Nasional di Kota Surakarta.

Gibran tampak sangat antusias membawa obor. Meski harus berlari dan menempuh jarak sekitar 3 km, ia tidak merasa capek. Justru, semangatnya terlihat kian membara Ketika melihat para siswa-siswi yang berada di samping kanan-kiri jalan menyambutnya.

“Ya biasa aja (lari dari Stadion Sriwedari ke Pendhopo Gedhe Balai Kota Solo),” ungkapnya ketika ditemui usai peletakan obor api di caldron.

Diketahui, Pospenas IX akan dibuka oleh Menteri Agama, Yaqut Qolil Qoumas di Stadion Manahan Solo pada Rabu, 23 November 2022 malam. Kegiatan yang menjadi ajang silaturahmi para santri ini melombakan dua bidang yaitu olahraga dan seni. Berlangsung mulai 23 hingga 27 November.

Dia berharap Pospenas IX dapat berjalan lancar. Menurutnya dengan digelarnya event ini dapat mempercepat pemulihan ekonomi.

“Sama dengan event-event sebelumnya semua Hotel-hotel, restoran, ojol semua kecipratan rezekinya,” ucapnya.

Dalam Pospenas IX di Kota Surakarta ada beberapa cabang olahraga dan seni yang dipertandingan oleh santri dari Ponpes se-Indonesia. Mulai dari sepak bola, atletik, pencak silat, senam, stand up comedy, kaligrafi, pidato bahasa indonesia dan inggris, hadrah dan film pendek.