Ali Arifin: Warisi Semangat Tokoh Pahlawan Santri

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

PATI – Jajaran pegawaiKementerian agama (Kemenag) Kab. Pati turut serta menyemarakkan puncak peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022 dengan mengikuti upacara bendera di halaman kantor setempat, Sabtu pagi (22/10).

Kepala Kemenag Pati, Ali Arifin menuturkan, upacara ini sekaligus menjadi pegingat kepada seluruh pegawai Kemenag maupun para santri yang bertugas, akan jasa-jasa pahlawan muslim dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, sekaligus menjadi tauladan bagi generasi muda.

“Untuk kemenag ini puncak acara. Karena ini kan memperingati hari santri nasional untuk mengenang jasa pahlawan khususnya ulama santri yang telah gugur dalam kemerdekaan Indonesia. Mengenang jasa-jasa, dengan harapan generasi muda kita yang ditinggalkan mengambil pelajaran para pejuang. Jiwa raga dikorbankan melawan penjajah,” ucap Ali Arifin.

Terlebih di Kabupaten Pati sendiri, terdapat tokoh pejuang sekaligus santri yang turut memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia. Dialah Gus Hasyim Mahfud yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Puri, Pati.

Bersama dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pati dan jajaran pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati, para staff dan jajaran Kemenag juga turut andil dalam ziarah yang dilaksanakan pada Jumat sore (21/10).

“Kalau semangat mengisi kemerdekaan dan semangat belajar harus kita warisi dari para tokoh pahlawan kyai santri,” tambahnya.

Sementara puncak peringatan hari santri se-kabupaten Pati sendiri, ditutup dengan upacara di alun-alun kota Pati dan kirab santri.

“Saya juga dapat undangan dan nanti juga hadir di upacara hari santri,” tutupnya. (af/at/Sua)