BDK Semarang Gelar Pelatihan IKM BK di Wilayah Kerja Kemenag Kudus

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Balai Diklat Keagamaan (BDK) Semarang menggelar Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas (IKM BK) di wilayah kerja Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kudus. Pelatihan IKM BK ini dibuka pada hari ini Senin (5/6) di Aula Kantor Kemenag Kab. Kudus dan akan berlangsung selama 6 hari dari tanggal 5 s.d 10 Juni 2023.

Berdasarkan Keputusan Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan nomor : B-0272/P.V/KP.02.2/04/2023, sebanyak 5 komunitas Madrasah di Kudus dinyatakan lulus seleksi tahap 1 pada Massive Open Online Course (MOOC) dari 10 Madrasah yang diusulkan mengikuti Pelatihan IKM BK ini. Kelima komunitas diantaranya RA NU Banat Kudus, MIN Kudus, MI NU Tarbiyatul Islam Jati, MI NU Matholibul Ulum 02 Gebog, dan MTsN 2 Kudus berkesempatan mendapatkan pelatihan IKM BK tahap In Service Training (IST). Tiap komunitas terdiri dari unsur Kepala, Guru, Pengawas, dan Dosen IAIN Kudus, dan Seksi Penmad.

Kepala BDK Semarang yang dalam hal ini diwakili oleh Mutadi selaku Widyaiswara Ahli Madya berharap Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di Madrasah Kab. Kudus semakin baik. “Semoga narasumber dan para stakeholder dapat membimbing, memberikan gagasan dan evaluasi kepada peserta dalam meningkatkan IKM”.

Selanjutnya kegiatan pelatihan IKM BK dibuka oleh Agus Siswanto mewakili Kepala Kantor Kemenag Kab. Kudus. Dalam sambutannya,  Agus mengucapkan selamat kepada Madrasah yang lolos mengikuti pelatihan IKM BK ini. “Ikuti pelatihan ini dengan baik selama 6 hari ke depan. Semoga diberikan kelancaran, kesuksesan dan mendapatkan ilmu manfaat”.

Dirinya juga berharap Madrasah yang mengikuti pelatihan ini,  selain mampu mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di lembaganya dengan baik juga mampu mengimbaskan hasil IKM BK pada madrasah lainnya. (Nfs/bd)