Camat Petarukan Buka Matsama MTsN 2 Pemalang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pemalang – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Pemalang mengawali tahun pelajaran baru 2023/2024 dengan menggelar Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) untuk peserta didik baru. Kegiatan berlangsung mulai tanggal 17 sampai 20 Juli 2023.

Pembukaan kegiatan Matsama pada hari Senin (17/7/2023) diselenggarakan di halaman Kantor Kecamatan Petarukan sehubungan di lingkungan MTs masih berlangsung pembangunan ruang kelas baru sehingga tidak memungkinkan untuk kegiatan pembukaan matsama tahun ini.

Kegiatan upacara pembukaan Matsama dihadiri oleh Camat Petarukan Andri Adi sekaligus bertindak sebagai pembina upacara. Matsama dibuka secara resmi oleh Andri dengan menyematkan tanda peserta secara simbolis dan melepaskan balon.

Dalam sambutannya, dia mengajak kepada peserta Matsama untuk semakin bertambah semangat di tempat belajar yang baru. “Setelah lulus sekolah dasar dan kini sudah sampai sekolah menengah pertama, mesti harus ada perubahan yakni menjadi lebih dewasa dari sebelumnya, disiplin dan bertanggung jawab,” kata Andri.

Ia mengingatkan kepada segenap panitia Matsama untuk dapat membuat konsep materi Matsama yang lebih menarik dan menyenangkan sehingga mudah diserap dan dipahami oleh peserta untuk mengenal lingkungan madrasah, budaya madrasah, dan sistem pembelajaran yang akan diterapkan oleh madrasah.

Kepala MTsN 2 Pemalang Shobirin, mengatakan pelaksanaan masa ta’aruf atau pengenalan lingkungan madrasah bagi peserta didik baru bertujuan untuk memperkenalkan lingkungan madrasah kepada peserta didik baru mulai dari pembiasaan di kelas, proses pembelajaran, kegiatan intra dan ekstra sampai budaya yang tercipta di lingkungan madrasah.

“Kami berharap agar peserta didik baru secara serius mengikuti kegiatan Matsama, agar pengetahuan dan pengalaman yang diberikan oleh pemateri dapat dipahami dengan baik,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Matsama MTsN 2 Pemalang, Nurdin Muskinanto mengungkapkan peserta didik baru yang berjumlah 374 anak mengikuti Matsama di dalam kelasnya masing-masing dengan pemateri yang sesuai jadwal mapel. Hal ini ditempuh supaya tidak mengganggu jadwal mapel pada kelas 8 dan 9.

“Setiap kelas telah disediakan sejumlah materi Matsama untuk disampaikan oleh guru mapel kelas 7,” lanjut Untung Budiono selaku Waka Kesiswaan.

“Selama kegiatan Matsama berlangsung, proses kegiatan belajar mengajar kelas 8 dan 9 tetap berjalan sesuai dengan jadwal mapel yang telah ditetapkan,” pungkas Waka Kurikulum Siti Istighfariyah. (utg/fi/rf)