CCB Upaya MAN 1 Brebes Bangun Kedisiplinan dan Kebersamaan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Sukses merayakan akhir perjalanan MATSAMA yang penuh semangat, MAN 1 Brebes menggelar kegiatan Camping Character Building (CCB) di Kompi Zipur A Slawi, Tegal. Sebagai lanjutan rangkaian kegiatan MATSAMA selama dua hari (21-22/07/2023)

Dalam arahannya, Kepala MAN 1 Brebes, Nurhayati berharap kegiatan tersebut diikuti sebaik mungkin dan mampu meningkatkan pengembangan karakter pribadi siswa MAN 1 Brebes yang lebih baik.

Kegiatan yang dibuka dan dilepas oleh Imam Ghozali (selaku Kasi Penma Kemenag Brebes) dalam sambutannya mengungkapkan, “Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk pribadi yang tangguh, disiplin, dan berintegrasi tinggi sebagai generasi penerus yang siap menghadapi masa depan dengan percaya diri, dan siap memenangkan kompetisi di era digital dan global seperti sekarang ini,” tegasnya.

Hari pertama kegiatan, Jum’at, (21/7) pukul 07.00 WIB, para peserta didik di pandu oleh pelatih berpengalaman dari TNI, mendapatkan penugasan di barak siswa dan siswi, dengan menerima pembagian kelompok dan tugas-tugas  dengan penuh semangat. Melaksanakan eksplorasi, yang tidak hanya bersifat hiburan, namun peserta juga berkesempatan memperkaya pengetahuan melalui demonstrasi ekstrak puding dan pembelajaran pertolongan pertama.

Di tengah semangat kebersamaan, Pengenalan Dasar Kedisiplinan dan Tanggung Jawab (PBB) turut menjadi pilar penting dalam pembentukan karakter, dibarengi dengan pelajaran etika sopan santun yang berharga. Lalu, kegiatan keagamaan seperti ceramah dan kultum menyemai nilai-nilai spiritual di hati setiap peserta.

Semantara di hari kedua Sabtu (22/7), Peserta memulai kegiatan pendadakan dan perenungan eksistensi diri dari pukul 02.15 WIB- 04.30 WIB pagi buta. Ritual harian seperti apel, sholat berjamaah dan senam pagi menjadi penyeimbang harmoni fisik dan mental.

Semangat petualangan tak berhenti di situ. Kegiatan outbond menyulutkan semangat persaudaraan melalui serangkaian ujian ketangguhan dan kerjasama tim. Di mulai Pukul 12.15 WIB siang, sinar matahari menyaksikan peserta menyatukan langkah dalam upacara penutupan yang sarat makna oleh Ma’mun Hakim, selaku Wakil Madrasah Bidang Kesiswaan Acara Camping Character Building berakhir dengan sempurna, mengumandangkan keberhasilan pelaksanaan MATSAMA.

“Kegiatan ini sungguh mengesankan. Kami merasa lebih kuat dan semakin dekat satu sama lain,” ujar salah satu peserta didik dengan raut muka berseri-seri.

“Camping Character Building di Kompi Zippur A Slawi Kab. Tegal telah membuktikan nilai pentingnya pendidikan karakter dalam membentuk generasi penerus yang tangguh, disiplin, dan bersemangat tinggi. Keberhasilan acara ini menguatkan komitmen MAN 1 Brebes untuk terus melahirkan generasi muda yang siap menghadapi masa depan dengan percaya diri dan integritas yang tinggi,” ujar waka Humas MAN 1 Brebes yang dikontak anggota redaksi Website Kemenag Brebes selepas kegiatan Camping Character Building di Kompi Zipur A Slawi, Tegal.(HMS/hid/Sua)