Dalam Mendidik, Guru Pendidikan Agama Kristen Bertugas Mengenalkan Kasih Sayang Tuhan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Guru mempunyai peran tidak saja memberikan ilmu pengetahuan, tetapi juga berperan dalam memberikan pendidikan karakter sesuai agama dan keyakinannya. Forum peningkatan kompetensi Guru seperti KKG dan MGMP diharapkan dapat meningkatkan profesionalitasnya dalam memberikan bimbingan pengajaran kepada anak didik.

Hal tersebut ditekankan Kepala Kantor Kemenag Kab. Magelang, Muhammad Miftah, saat memberikan pembekalan kepada Guru Pendidikan Agama Kristen pada Rapat Koordinasi Pengurus KKG PAK SD dan Pengurus MGMP PAK SMP, Selasa, 23/05/2023 di Ruang Rapat PLHUT.

Miftah menyampaikan bahwa mendidik adalah tugas mulia sebagai bagian dari menyebarkan firman Tuhan.

“Markus 16: 15. Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk. Sebagai hamba Tuhan kewajiban kita untuk menyebarkan firman Tuhan di muka bumi. Dalam hal ini adalah tugas bapak ibu sebagai pendidik agama Kristen,” kata Miftah.

Dalam melakukan tugasnya sebagai pendidik, para Guru Agama Kristen mengemban tugas mulia mengenalkan kasih sayang Tuhan kepada anak-anak didik. Kalau masing-masing paham dengan agamanya, maka tidak akan pernah timbul perselisihan dan pertikaian antar pemeluk agama satu dengan yang lain, hidup berdampingan dengan saling menghargai.

“Demikian pula dengan keyakinan agama Islam, ada ajaran untuk mempersilahkan menjalankan ibadah agamanya masing-masing,” lanjut Miftah.

Melalui KKG dan MGMP, para Guru diharapkan mampu meningkatkan pemahaman terkait pendidikan keagamaan melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen sehingga anak-anak didik akan tumbuh menjadi anak-anak yang punya iman yang kuat. Dengan banyaknya berbagai denominasi gereja yang ada di Kabupaten Magelang, para Guru Agama Kristen  juga berperan membangun sinergitas antar satu gereja dengan gereja lainnya.

Dalam rapat koordinasi tersebut para Guru Pendidikan Agama Kristen membentuk Pengurus KKG dan MGMP untuk tahun 2023 – 2026 dan menyusun programnya.(dina/Sua).