Diklat PKB Optimalkan Pengembangan Karir Guru

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Buka kegiatan Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru madrasah ibtidaiyah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal berharap guru dapat mengoptimalkan kesempatan mengembangkan karir dengan memelihara, meningkatkan dan mengembangkan kompetensi guru secara berkelanjutan untuk mencapai standar profesi guru yang dipersyaratkan agar sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

“Pelatihan PKB bagi guru madrasah ini merupakan ajang untuk meningkatkan kompetensi guru sehingga terpenuhi kebutuhan guru profesional yang mampu memberikan pengetahuan, keterampilan dan sikap teladan guru dalam mengembangkan profesi,” demikian disampaikan Kakan Kemenag Mahrus dalam sambutannya, Kamis (10/11).

Diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru untuk mengembangkan ketrampilan intruksional serta pengetahuan materi bagi guru tingkat sekolah dasar. Dalam melaksanakan tugas profesinya, guru perlu meningkatkan kemampuan dan kompetensi baik pedagogik maupun profesional serta memiliki performa sebagai pendidik dan pemimpin bagi peserta didiknya.

Peningkatan kompetensi guru sangat penting, tidak hanya dalam konteks peningkatan literasi, tetapi juga merespon perkembangan teknologi sistem informasi. Guru madrasah harus terus mengupdate keahlian, memberikan penguasaan sistem informasi dan teknologi sebagai penunjang proses kegiatan belajar dan mengajar yang menyenangkan dan sesuai minat siswa.

PKB merupakan salah satu dari empat komponen proyek REP-MEQR. Realizing Education’s Promise and Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR) merupakan proyek untuk meningkatkan kualitas tata kelola penyelengaraan pendidikan dasar dan menengah di Kementerian Agama, bekerjasama dengan World Bank. (bel/rf)