Dua Penggalang Putri Gudep MTsN 1 Pati, Juarai Regu Terfavorit Persimanu 1 Jateng

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati, Humas — Kontingen Satuan Komunitas (Sako) Ma’arif NU Kabupaten Pati berhasil memboyong juara 1 Regu Favorit Penggalang Putri dalam ajang Perkemahan Prestasi Ma’arif NU  (Persimanu) 1 Jawa Tengah Tahun 2023. Dua di antaranya adalah siswa MTsN 1 Pati, Ellycia Annazwa Putri dan Yunita. Persimanu 1 diselenggarakan oleh pengurus Sako Ma’arif NU Lembaga Pendidikan Ma’arif NU PWNU Jawa Tengah di Bumi Perkemahan Munjuluhur, Purbalingga pada 12 – 15 Juli 2023. Lebih dari seribu peserta berpartisipasi dalam ajang perkemahan prestasi tersebut.

Ellycia, siswa kelas sembilan MTsN 1 Pati ini mengatakan bahwa berbagai kegiatan yang dilakukan saat perkemahan prestasi sangat menyenangkan. Ia mengungkapkan, keberhasilan Kontingen Pati dalam mendapatkan juara 1 berkat adanya kekompakan saat mengikuti kegiatan dan semua lomba yang diadakan selama perkemahan prestasi.

“Kegiatan di sana sangat seru-seru. Bisa menjadi juara 1 itu karena kekompakan semua teman-teman saat ada kegiatan dan bisa mengikuti semua lomba,” ucapnya.

Ellycia pun senang, kaget, dan bangga setelah ia bersama kontingen Pati lainnya dinyatakan sebagai Juara 1 Regu Favorit Penggalang Putri.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Kakak-Kakak Pembina yang selalu melatih dan membimbing kami untuk menghadapi lomba ini. Terima kasih juga kepada Bapak Kepala Madrasah yang telah memberikan izin serta doa-doanya sehingga Kontingen Pati dapat mempersembahkan juara 1,” kata Ellycia.

Priyadi, Kagudep MTsN 1 Pati, menjelaskan sebelumnya perwakilan MTsN 1 Pati mengikuti seleksi tingkat kabupaten yang dilaksanakan bulan Mei lalu. Untuk mengikuti seleksi tingkat kabupaten, keduanya melakukan persiapan latihan rutin dan menambah intensitas latihan di MTsN 1 Pati bersama dengan para pembina.

“Persiapan mereka untuk mengikuti seleksi tingkat kabupaten, selain latihan rutin tiap hari Jumat, yaitu dengan menambah intensitas latihan,” jelas Priyadi.

“Hasil yang masuk seleksi, bergabung dengan pangkalan MTs/SMP se-Kabupaten Pati tingkat penggalang dan Alhamdulillah Kontingen Pati bisa menjadi juara favorit penggalang putri,” imbuhnya.

Selain Ellycia dan Yunita, Irsyan Ainun Endrawan, penggalang MTsN 1 Pati juga turut menjadi peserta Persimanu I. Priyadi berharap, dengan mengikuti perkemahan prestasi ini anak didiknya dapat memperoleh pengalaman dan pengetahuan sekaligus mengambil manfaat dari setiap kegiatan-kegiatan yang dilakukan.

Menanggapi prestasi ke duanya, Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak, mengucap syukur sekaligus memberikan ucapan selamat.

“Alhamdulillah, selamat kepada dua adik penggalangku yang telah sukses berpartisipasi di ajang Persimanu dan menorehkan prestasi terbaiknya sebagai juara 1 terfavorit,” tuturnya.

Ia menyatakan bahwa prestasi anak didiknya di bidang non akademik tersebut menunjukkan bahwa proses yang baik akan menghasilkan sesuatu yang lebih baik. Ia menegaskan semua potensi siswa di MTsN 1 Pati mendapatkan pelayanan optimal, baik bidang akademik maupun non akademik.

“Apalagi pramuka yang merupakan ekstrakurikuler wajib bagi semua siswa. Melalui kegiatan pramuka, akan tumbuh sikap cinta kepada Allah dan Rasulullah, akan tumbuh rasa cinta kepada sesama manusia dan alam, akan tumbuh rasa disiplin dan amanah, serta sikap-sikap positif lainnya,” terangnya Syafak.

“Sekali lagi, terima kasih atas perjuangan dan persembahannya. Terima kasih kepada kakak-kakak pembina dan orang tuanya. Salam Pramuka,” pungkasnya.(TiM/at/Sua)