Duta Jateng, Tim KIR Keagamaan MTs Minhajut Tholabah Melaju ke Tingkat Nasional di Kendari

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Purbalingga – Bertempat di ruang kerja Kepala Subbag TU Kankemenag Purbalingga, hadir Tim Karya Ilmiah Remaja Keagamaan MTs Minhajut Tholabah, Kamis (31/08/2023). Didampingi Pengasuh YPI Minhajut Tholabah dan Guru Pembimbing, dua remaja putri yang merupakan Duta Jawa Tengah dalam ajang MYRES 2023 Tingkat Nasional di Kendari, Sulawesi Tenggara yang akan berlangsung 1 – 7 September 2023. Keduanya berpamitan dan mohon doa restu kepada Kepala Subbag TU dan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah.

Adalah Hafidz Aulia Khoirunnisa ( Nisa) dan Alvi Ulil Marifah (Alvi) pembuat Aplikasi My Dictar untuk pembelajaran Nahwu Shorof untuk membantu dalam pembelajaran Bahasa Arab di madrasah.

“Kami membuat Aplikasi android kamus tarqib berdasrkan ilmu nahwu shorof untuk membantu para pelajar belajar Bahasa Arab di madrasah”, jelas Nisa.

Aplikasi ini, lanjut Nisa, dapat diunduh melalui Playstore dengan kata kunci My Dictar.

Alvi, rekan satu tim bersama Nisa ini juga menjelaskan, bahwa yang melatarbelakangi pembuatan aplikasi ini adalah dari 770 peserta didik 80 persennya kesulitan belajar pelajaran nahwu Shorof, sehingga muncullah ide pembuatan aplikasi ini dengan tujuan mempermudah pembelajaran Nahwu Shorof.

“Inovasi pembelajaran dengan pembuatan My Dictar APK ini sekaligus untuk mendukung madrasah kami menuju madrasah digital”, tandas remaja yang fasih presentasi ini. Sementara itu, Zulfatul Faizah selaku Guru Pembimbing KIR Keagamaan ini mengungkapkan bahwa My Dictar APK hanya 5 MB.

“Sangat ringan dan penggunaanya free secara offline. Aplikasi ini masih sangat basic, sehingga kami akan mengembangkannya lagi sesuai dengan tahapan ilmu Nahwu Shorof”, ujar Zulfa yang juga membimbing Tim Robotik.

Ia mohon doa dan dukungan kepada seluruh warga Purbalingga dan Jawa Tengah agar Tim KIR MTs Minhajut Tholabah dapat presentasi dengan baik dan meraih juara 1.

“Saat ini posisi kami di 6 Terbaik Nasional”, katanya.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Sudiono sangat mengapresiasi dan bangga atas prestasi yang ditorehkan oleh Tim KIR MTs Minhajut Tholabah mendapat kepercayaan sebagaiDuta Jawa Tengah di ajang MYRES 2023 tingkat Nasional di Kendari.

“Menjadi catatan sejarah Madrasah di Purbalingga jika berhasil Juara Nasional. Selamat berjuang, doa kita semua mengiringi perjuangan kalian untuk menuju madrasah Mandiri Berprestasi. Sukses dan juara”, harap Pak Dion, sapaan akrab Kasi Penma ini.*sl/bd