DWP Kemenag Grobogan Laksanakan Tes IVA & SADANIS

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Grobogan – Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama Kab. Grobogan mengadakan tes IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) dan Sadanis (Periksa Payudara Klinis) secara gratis yang dilakukan di Puskesmas Purwodadi, Rabu, (10/08).

Program yang dilakukan serentak diseluruh Indonesia, diawali dengan pembukaan via Zoom oleh DWP Kemenag RI , Para anggota DWP Kemenag Kab. Grobogan bersama-sama mengikuti upacara pembukaan via zoom di ruang Kepala KanKemenag Kab. Grobogan dan dilanjutkan pengarahan Kepala Kemenag Kab. Grobogan di Halaman Kankemenag Grobogan.

Dalam arahannya Kepala Kemenag Grobogan Imron menyampaikan, bahwa Kemenag Pusat mempunyai program yang dilaksanakan seluruh Indonesia berupa Tes IVA dan SADANIS bagi ibu-ibu anggota DWP Kemenag. Dan untuk itu Kemenag Kabupaten dan Kota yang ada di daerah juga harus mengikuti program Kemenag Pusat.

“Alhamdulillah Kemenag Kab. Grobogan sudah melakukan step by step dalam mengikuti program Kemenag Pusat berupa Tes IVA dan SADANIS, dari sosialisasi, pengumuman dari brosur yang disebarkan di group maupun mengikuti zoom meeting dengan Kemenag Pusat. Dan program Tes IVA dan Sadanis dilakukan serentak diseluruh Indonesia dengan tujuan mendeteksi sedini mungkin kanker servik dan kanker payudara pada wanita di Indonesia. 20% sampai 25% kematian dapat dihindari akibat kanker servik dan kanker payudara dengan cara pendektesian dini kanker servik dan kanker payudara melalui tes IVA dan Sadanis,” tuturnya.

Beliau menambahkan, Dengan selesainya upacara pembukaan melalui daring, kegiatan pemeriksaan sadanis dan tes iva dilaksanakan di puskesmas Purwodadi, sebanyak 15 peserta mengikuti dengan antusias program DWP kemenag Grobogan tersebut. Setelah acara Tes IVA dan SADANIS para ibu-ibu anggota DWP Kemenag Grobogan melanjutkan kegiatan lomba dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 77 di Taman Kota Purwodadi.  

“Diharapkan Tes IVA dan Sadanis ini rutin dilakukan paling tidak 6 bulan sekali atau satu tahun sekali, Alhamdulillah para peserta tadi hasilnya sehat semua. Dilain kali semoga bisa dilakukan terus digabungkan dengan kegiatan lain gitu ya. Nanti siapa yang belum melakukan tes ya tes, kita juga mengimbau jangan takut ikut tes bagi para wanita. Kabar tes yang sakit itu tidak benar,” jelasnya.

Sementara Siti Sholekhah Imron  selaku kepala DWP Kemenag Surakarta juga berharap tes IVA dan Sadanis diselenggarakan secara rutin demi kesehatan wanita indonesia. Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Sedang Sadanis atau periksa payudara klinis adalah pemeriksaan pada payudara oleh tenaga kesehatan (nakes) terlatih.

“Kami senang dengan acara yang diselenggarakan Kemenag Pusat berupa kontrol kesehatan, Kanker payudara dan kanker servik itu menjadi salah satu pembunuh mematikan, apalagi kanker payudara yang menjadi pembunuh nomer satu.  berharap tes iva dan sadanis secara gratis akan ada terus dan rutin dilakukan entah program dari pusat atau program dari kemenag kota sendiri. Nanti bertepatan dengan hari besar apa atau ada event tertentu terus diselenggarakan lagi kegiatannya dan mudah-mudahan pesertanya lebih banyak dari pada yang hari ini dan tidak perlu takut ataupun malu saat di tes kesehatannya,” ujar Siti Kepala DWP kemenag Grobogan.(bd/Sua)