Evaluasi Kinerja Penyuluh Kemenag Laksanakan Pembinaan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes, melalui Plt. Kepala dan Seksi Bimas Islam,  laksanakan evaluasi kinerja Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS, Kamis,  (06/07/2023) di Aula Kantor Kementerian Agama kabupaten Brebes di pagi menjelang siang.

Acara tersebut diikuti oleh 130 Orang peserta yang merupakan penyuluh PNS dan Non PNS dari masing-masing Kecamatan sekaligus melaksanakan pembinaan terhadap semua laporan yang harus di buat Penyuluh Agama Islam setiap bulannya.

Dalam sambutan dan arahannya, Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes H. Mad Soleh menyampaikan bahwa evaluasi kinerja Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS betujuan untuk mempertegas komitmen pengabdian sebagai Penyuluh Agama Islam.

“Tujuannya jelas untuk mempertegas komitmen Penyuluh Agama Islam dalam melakukan tugas dan fungsinya. Kedisiplinan sebagai seorang ASN, dan sarana evaluasi atas kinerja serta ketaatan dan kepatuhan pada regulasi yang mengingikat sebagai abdi negara,” ungkap H. Mad Soleh.

Kementerian Agama Kabupaten Brebes dalam menjalankan tugas dan fungsinya didukung oleh penyuluh PNS sebanyak 15 orang dan Penyuluh Non PNS sebanyak 130 orang.

Mad Soleh menyampaikan, agar setiap penyuluh dalam menjalakan tugas keseharian tidak hanya memberikan penyuluhan dan pengajaran kepada masyarakat akan tetapi juga harus melaksnaakn tugas-tugas administrasi tetang keumatan semisal zakat, wakaf dan lainya serta membuat laporan kinerja harian dan bulanan juga membuat karya tulis/ karya Ilmiah di bidang bimbingan dan penyuluh agama, selalu membuat SKP setiap tahunnya.

Dalam kegiatan pembinaan ini disampaikan secara detail terkait tugas-tugas tambahan yang wajib dijalankan oleh para penyuluh, yang tidak hanya sebatas  laporan apa saja yang harus disiapkan untuk tahun 2023. “Harapannya setiap penyuluh yang merupakan garda terdepan Kementerian Agama senantiasa siap memberikan pelayanan  terbaik bagai masyarakat, dan penguatan nilai moderasi beragama di tengah masyarakat serta  laporan kinerja dengan mengoptimalkan pengunaan aplikasi e-PA,” imbuh H. Mad Soleh.

Sementara Kasi Bimas Islam H. Faedurrohim menegaskan agar setiap penyuluh baik yang PNS dan Non PNS dapat bekerja dengan mengedepankan kedisiplinan,  berintegritas dan setiap saat meningkatan kualitas dan kapabelitas demi memunculkan inovasi-inovasi baru dalam melayani  masyarakat.(hid/Sua).