Evaluasi Serapan Anggaran, Kemenag Jateng Komitmen Lakukan Serapan Anggaran 75%

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Bandung (Humas) – Kakanwil Kemang Prov. Jateng, Musta’in Ahmad hadir dalam Evaluasi Serapan Anggaran Kementerian Agama RI Tahun 2022 di Hotel Grand Mercure, Bandung, Sabtu (30/7).

Hadir juga secara langsung Sekretaris Jenderal Kemenag RI, Nizar Ali, Staf Khusus Menag Muhammad Nuruzzaman dan sejumlah pejabat eselon II Kemenag RI serta Kakanwil Kemenag seluruh Indonesia.

Dihadapan seluruh peserta rapat, Nizar Ali, melaporkan posisi realiasi anggaran tingkat Kanwil. Sedangkan, Staf Khusus Menag Muhammad Nuruzzaman membacakan sambutan tertulis Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas. Dalam sambutannya, Menag meminta jajarannya pada Satuan Kerja Kanwil Kemenag Provinsi se-Indonesia untuk terus memperhatikan pelaksanaan kegiatan dan pencairan anggaran yang menumpuk menjelang akhir tahun serta memperhatikan Rencana Penarikan Dana (RDP) dan menjalankan program kegiatan seuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

“Anggaran ini milik rakyat, maka dampaknya juga harus dirasakan oleh rakyat,” tegas Menag Yaqut dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Nuruzzaman.

“Jika ada anggaran yang diproyeksikan tidak terserap, maka segera lakukan refocusing anggaran kepada kegiatan yang lebih prioritas,” jelasnya.

Menag menegaskan supaya terdapat koordinasi lebih lanjut dalam evaluasi anggaran kali ini. Sehingga para Kepala Kanwil dapat berkomitmen dan konsisten dalam pelaksanaan anggaran yang dilakukan di pusat akan sinergi dengan daerah.

“Para Kepala Kanwil Kemenag agar mengawal pelaksanaan anggaran di wilayah kerjanya masing-masing. Mengingat adanya beberapa isu krusial terkait dengan pelaksanaan APBN diantaranya, adanya pemblokiran mandiri terhadap satuan kerja masing-masing dan penggunaan SAKTI yang berpotensi berpengaruh signifikan dalam proses bisnis pelaksanaan program dan anggaran,” tambahnya.

Terakhir, ia meminta seluruh satuan kerja tetap konsisten mencapai target 75%, meski realisasi anggaran Kementerian Agama saat ini telah mencapai 56,06% atau sudah terserap 37,56 triliun dari total pagu anggaran sebesar 67,01 triliun.

Kakanwil Musta’in Ahmad bersama seluruh jajaran Kanwil Kemenag Prov. Jateng untuk dapat merealisasikan target anggaran 75% dan berdamapak sisgnifikan pada pelayananannya kepada masyarakat.

“Seluruh ASN di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Prov. Jateng akan terus setia dan taat sebagai Abdi Negara dan Abdi masyarakat menjadi pijakan utama serta bekerja dibawah satu komando Gus Menteri Yaqut. Kita akan bersinergi bersama serta berintegritas untuk melaksanakan target 75% serapan anggaran,” tutur Kakanwil Musta’in Ahmad.

“Saya percaya bahwa jajaran Kemenag Jateng akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan tanggungjawab yang diberikan. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa bersama kita,” imbuhnya. (ps/rf)