Gaet Unisnu Jepara, MTsN 1 Pati Perkuat Program International Digital Class

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati (Humas) — Sehari setelah peresmian International Digital Class (IDC), MTsN 1 Pati menggaet UPT Pengembangan Bahasa Unisnu, Jepara pada Rabu, (2/8). Kerja sama ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkuat pelaksanaan IDC di bidang kebahasaan.

Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak, menyampaikan bahwa keberadaan IDC merupakan sebuah nikmat yang wajib disyukuri dan disukseskan. Untuk itu, pihaknya melakukan upaya-upaya untuk menggenjot semangat para stakeholder yang terlibat, salah satunya adalah kerja sama di bidang kebahasaan ini.

“IDC ini nikmat dari Allah yang wajib kita syukuri, yang keberadaannya wajib kita sukseskan bersama. Maka dari itu, terima kasih kepada Unisnu yang telah bersedia membantu, yang Insya Allah mbarokahi bagi kita semua,” ujarnya.

Syafak menambahkan, keberadaan IDC selain dengan digitalisasinya, yang membuat berbeda adalah penggunaan bahasa internasional.

Tak hanya Unisnu, untuk mengoptimalkan kepiawaian berbahasa di kelas digital internasional, pihaknya juga telah lebih dulu melakukan kerja sama dengan Dejavato Foundation, sebuah organisasi nonpemerintah yang bergerak salah satunya di bidang pendidikan melalui kegiatan kerelawanan.

“International Digital Class ini memang harus berbeda dan yang membedakan selain digitalisasi dalam proses pembelajarannya adalah penggunaan bahasa. Jadi, kami berikhtiar, berusaha menjalankan amanah para orang tua siswa yang sudah mempercayakan anak-anaknya di madrasah, dengan memberikan pelayanan-pelayanan optimal,” ungkapnya.

Syafak berharap, dengan potensiĀ  dilengkapi amunisi yang sudah ada dan sangat mumpuni, serta dukungan dari berbagai pihak, menjadi kesempatan bagi pihaknya untuk mewujudkan IDC agar tidak hanya sekadar nama saja.

“Mudah-mudahan IDC tidak hanya sekadar nama, berjalan sukses ke depannya,” tutup Syafak.

Dalam kerja sama ini terdapat enam project yang disuguhkan oleh Aprilia Riyana Putri, Kepala UPT Pengembangan Bahasa Unisnu, Jepara, antara lain news anchor, math and science, web based game, cooking class, market day, dan language festival and performance (P5PPRA). Selain itu juga menawarkan berbagai program, di antaranya student exchange, internasional intership, short term academic programme, publik speaking, international competition & championship events, education trip, school & campus tour, languange & culture sharing, dan English and arabic certificates based on standardized test. Ia menyatakan, pihaknya siap melakukan pendampingan dan berkolaborasi dengan tim yang ada di MTsN 1 Pati.

“Insya Allah nanti kami siap mendampingi dan berkolaborasi dengan bapak ibu guru beserta tim madrasah,” kata April.

April berkesempatan menilik beberapa kelas digital internasional. Ia menilai, IDC MTsN 1 Pati dari segi sarana prasarana sudah tidak diragukan lagi dengan kondisi ruang kelas yang nyaman, ber-Ac, dan dilengkapi tv interactive sebagai media pembelajaran serta tablet pada masing-masing siswa.

Di samping itu juga, didukung dengan kualitas sumber daya manusia yang ada di dalamnya membuat keberadaan IDC di MTsN 1 Pati semakin menjadi primadona dan memiliki prospek yang bagus.

“Kebetulan tadi kami keliling ke beberapa kelas melihat fasilitasnya sudah sangat lengkap, kemudian berinteraksi dengan anak-anak menggunakan bahasa inggris, mereka responsif. Luar biasa, keren banget,” ucapnya.

“Dengan paket yang sudah lengkap ini, tentu kami sebagai mitra harus berusaha bisa memberikan yang terbaik untuk MTsN 1 Pati. Artinya, apayang sudah menjadi kesepakatan nantinya dapat berjalan dengan optimal,” harap April penuh semangat.(TiM/at/Sua)