Gandeng Puskesmas Gombong I, MTs Negeri 8 Kebumen Periksa Kesehatan Siswa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Upayakan peningkatan derajat kesehatan anak usia sekolah, Puskesmas Gombong I bersama tim yang bertugas, melaksanakan kegiatan penjaringan kesehatan bagi peserta didik Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 8 Kebumen, Sabtu (10/9). Kegiatan dilaksanakan di ruang rapat madrasah dan diikuti oleh 256 siswa kelas VII.

Kepala MTs Negeri 8 Kebumen sangat mengapresiasi kegiatan penjaringan kesehatan ini. Menurutnya, dimasa pemulihan pandemi Covid-19 seperti saat ini, edukasi dan pemeriksaan kesehatan sangat penting dilakukan.

 “Terima kasih pada Puskesmas Gombong I yang terus memberikan bantuan layanan kesehatan pada siswa MTs Negeri 8 Kebumen, semoga dengan terlaksananya kegiatan ini siswa termotivasi menjaga kesehatan seperti apa yang telah disampaikan oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Gombong I,” jelas Muhiban.

Dokter Firdaus Cahya Saputra selaku tim penjaringan kesehatan dan program UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) Puskesmas Gombong I  menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pemeriksaan kesehatan bagi siswa. Tahapan pemeriksaan tersebut meliputi status gizi siswa melalui pengukuran tinggi dan berat badan dilanjutkan pemeriksaan mata, telinga, gigi, mulut, dan skrining frambusia.

“Setelah siswa melewati tahapan pemeriksaan tersebut, jika ada yang kondisinya memiliki masalah kesehatan dan diperlukan tindakan lebih lanjut akan kami rujuk ke fasilitas kesehatan terdekat”, terangnya.

Menurutnya, penting bagi pihaknya memastikan siswa dapat mengikuti, melanjutkan dan menyelesaikan pendidikan tanpa gangguan kesehatan. “Sebagai generasi muda siswa harus selalu menjaga kesehatan, pola makan yang baik, serta bijak dalam penggunaan Hand Phone karena berbahaya bagi kesehatan mata”, pesan Firdaus.

Program nasional pemeriksaan kesehatan dari pemerintah pusat ini memberikan pencerahan dan pemahaman arti pentingnya kesehatan. Jika terlaksana dengan baik dan terarah akan meningkatkan kualitas kesehatan di madrasah, khususnya para siswa yang sehat. Dengan kesehatan yang terjaga siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan lancar setiap hari. (diw/fz/bd).