OSIS MAN 3 Kebumen Adakan Debat Kandidat Ketua dan Wakil Ketua OSIS

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Untuk mempersiapkan pemimpin baru, OSIS MAN 3 Kebumen menggelar Debat Kandidat Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2022-2023, Sabtu (10/09) bertempat di Ruang Digital. Kegiatan yang juga disiarkan secara live melalui akun instagram OSIS MAN 3 Kebumen ini dihadiri oleh Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Hj. Siti Badriyah, pembina OSIS, pengurus OSIS periode 2021-2022, tiga pasangan Kandidat Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2022-2023, serta perwakilan dari masing-masing kelas.

Acara debat ini sendiri merupakan ajang kampanye dari masing-masing calon untuk menyampaikan visi misi dan program unggulan yang ditawarkan kepada calon pemilih. Kegiatan debat ini sendiri merupakan rangkaian kegiatan menyongsong Pemilu OSIS MAN 3 Kebumen yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 September 2022.

Dalam sambutannya, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan Hj Siti Badriyah mengapresiasi kerja keras Komite Pemilihan Umum (KPU) OSIS MAN 3 Kebumen atas terselenggaranya Debat Kandidat Ketua dan Wakil OSIS MAN 3 Kebumen untuk pertama kalinya sepanjang sejarah Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS di MAN 3 Kebumen.

“Saya sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan Debat Kandidat Ketua dan Wakil Ketua OSIS yang baru pertama kali diadakan di MAN 3 Kebumen ini. Ini sangat baik untuk melatih keberanian dan mental kalian menjadi seorang calon pemimpin,” ujarnya.

Hj. Siti Badriyah mengungkapkan bahwa debat ini merupakan  sebuah latihan untuk para kandidat dalam menyampaikan, mempertahankan dan memberikan alasan dalam menyampaikan sebuah pendapat maupun ide. Pemahaman dan komitmen mereka dalam berorganisasi akan dijajaki  dengan pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh para panelis.

Ditemui pada kesempatan sebelumnya, Pembina OSIS MAN 3 Kebumen Samsul Maarif mengungkapkan bahwa tujuan dari debat ini adalah untuk mempertemukan gagasan ketiga pasang kandidat serta menyampaikan solusi saat terjadi masalah-masalah yang mungkin muncul ketika menjadi Ketua dan Wakil Ketua OSIS terpilih. Hal ini berguna untuk memberikan bahan pertimbangan bagi calon pemilih untuk menentukan calon ketua dan wakil ketua OSIS yang terbaik menurut mereka.

Selain itu, ujar Samsul, melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada siswa bagaimana berdemokrasi yang baik dan semua peserta didik dapat mengetahui tahapan-tahapan pemilu dengan baik. Dari mulai proses penjaringan, seleksi calon, debat kandidat, serta sampai pada pelaksanaan pemilihan.

Kandidat Ketua dan Wakil OSIS yang dipertemukan dalam debat kali ini, yakni Siti Jahrotul Faiqoh dan Zlatan Hadri Nova sebagai pasangan calon nomor satu, Yazid Nuril Huda dan Yunita Anggun Safitri sebagai pasangan calon nomor dua, dan Adam Nurdiansyah dan Zulfikar Zam Zam sebagai pasangan calon nomor tiga. Para calon kandidat diberi kesempatan untuk menyampaikan visi dan misi masing-masing, lalu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. (dp/fz/bd).