Gowes Kerukunan, Kunjungi 7 Tempat Ibadah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Purwokerto : 7 tempat ibadah di Purwokerto menjadi tujuan para goweser saat melakukan wisata religi dalam kegiatan Gowes Kerukunan yang diadakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas bersama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama  (FKUB) Kabupaten Banyumas. Sabtu (10/12)

Gowes yang diikuti oleh Forkompinda, Kepala KUA , Kepala Dinas , jajaran pimpinan Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas , pengurus FKUB, Kepala Satuan Kerja di Kemenag , Siswa Siswi SMA/SMK dan  goweser umum dilepas oleh Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono di pendopo Si Panji Alun Alun Purwokerto.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas H. Aziz Muslim menjelaskan bahwa gowes kerukunan ini diadakan dalam rangka  menyemarakan tahun toleransi , menggelorakan kerukunan sekaligus Hari Amal Bakti Kementerian Agama yang ke 77.

“ Dengan semangat ini , harapannya menjadi entri poin untuk merawat kebersamaan dan kerukunan di Kabupaten Banyumas, “ jelasnya.

Gowes Kerukunan yang mengambil tema “ Tilik Sedulur Lintas Iman, Beda Ning Rukun “  digelar dalam rangka tahun toleransi 2022 dan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke 77.

Dilepas oleh Wakil Bupati Banyumas, goweser langsung menuju ke Gereja Katerdal Purwokerto di jalan Gereja , kemudian ke Pura Awatara di komplek SPN Polda Jateng Purwokerto. Dari SPN Purwokerto goweser menuju Padepokan Subud di Prompong , selepas dari Subud menuju Wihara Budha Dipa di jalan Martadireja kemudian di Gereja Kristen Karunia Indonesia Jl. Martadireja tidak jauh dari Wihara Budha Dipa.

Di tempati ibadah ke enam goweser diajak mengunjungi Klenteng Hok Tek Bio Pasar Wage dan yang terakhir sekaligus finis di Masjid Al Ikhlas kantor Kemenag Banyumas.

“ Alhamdulillah saya bisa mengikuti gowes kerukunan ini , setelah mengkuti gowes saya jadi lebih tahu mengenai kerukunan beragama khususnya untuk tempat ibadah selain muslim , yang tadinya saya belum mengetahui dan belum pernah masuk ,” terang Indah guru PAUD Durian Emas Bancarkembar.

“ Saya sangat senang  bisa ikut acara gowes ini, selain bisa menyehatkan badan juga dapat berkunjung ke tempat ibadah, kami juga sangat mendukung dengan adanya kegiatan yang positif ini,” ujar Ramadan dari MAN 1 Banyumas . (yud/rf)