Guru dan Karyawan MTs Muhammadiyah Mandiraja Sukseskan kegiatan Posbindu

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Seluruh guru dan karyawan MTs Muhammadiyah Mandiraja mengikuti kegiatan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) yang dilaksanakan oleh UPTD Puskesmas Mandiraja 1 bertempat di MTs Muhammadiyah Mandiraja pada hari Kamis, 8 Desember 2022.

Perlu diketahui bahwa POSBINDU adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular terintegrasi dan tindakan kekerasan akibat kecelakaan dan tindak kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu

Kegiatan ini terdiri atas beberapa tahapan: Pertama, screening kesehatan meliputi tinggi badan, berat badan, kesulitan/kekurangan dalam melihat, mendengar, perokok atau tidak, jumlah konsumsi gula dan garam perhari dll. Kedua, pengecekan tekanan darah dan lingkar perut. Ketiga, pengecekan gula darah.

Kepala Madrasah MTs Muhammadiyah Mandiraja, Faizah Maryamah menyatakan bahwa setiap guru dan karyawan MTs Muhammadiyah Mandiraja wajib mengikuti kegiatan tersebut secara tertib.

“Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh guru beserta karyawan guna memonitoring kesehatan mereka semua karena hal ini juga berpengaruh pada kegiatan belajar mengajar, jika guru sakit maka pembelajaranpun terhambat,” tegasnya.

Tujuan dari POSBINDU adalah mengontrol dan menjaga kesehatan secara optimal baik dengan upaya preventif dan kuratif.

Lebih lanjut Faizah Maryamah juga mengucapkan terima kasih atas diadakannya kegiatan POSBINDU oleh UPTD Puskesmas Mandiraja 1,

“terima kasih kepada para perawat dan dokter Puskesmas Mandiraja 1 yang telah mengadakan kegiatan POSBINDU,” jelasnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian arahan untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta menjaga pola makan yang teratur yang merupakan kunci hidup sehat. (ars/rf)