Hadirkan Kapolsek pada MATSAMA, MTsN 2 Sragen Dukung Gerakan Anti Narkoba dan Bullying

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Sragen – MTsN 2 Sragen melaksanakan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) Tahun Pelajaran 2023/2024 selama empat hari, 17 – 20 Juli 2023. Kegiatan ini diikuti oleh 333 siswa baru kelas VII, yang bertujuan untuk memperkenalkan mereka lebih dekat dengan lingkungan madrasah serta memberikan motivasi agar bangga menjadi bagian dari MTsN 2 Sragen dan berkontribusi positif dalam kegiatan pembelajaran.

Matsama diawali dengan apel pembukaan di Balairung Amal Bhakti, yang diikuti oleh seluruh siswa kelas VII, VIII, dan IX. Acara ini menjadi momen bersejarah bagi para siswa baru karena menandai dimulainya Tahun Pelajaran 2023/2024 bagi mereka yang telah resmi diterima di MTsN 2 Sragen.

Dalam rangka mendukung Gerakan Anti Narkoba dan Bullying, MTsN 2 Sragen juga menghadirkan narasumber lintas sektoral dalam kegiatan MATSAMA. Salah satunya adalah Kapolsek Tanon, AKP Primadhana Bayu Kuncoro, S.Pd., M.A.P., yang memberikan materi tentang bahaya narkoba dan bullying.

“Bullying sering terjadi di lingkungan sekolah dan dapat berupa penghinaan fisik, kata-kata kasar, bahkan tindakan kekerasan. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk saling menghargai satu sama lain,” kata Bayu.

Lebih lanjut, Kapolsek Bayu juga menyampaikan bahaya narkoba, yang bisa berdampak negatif pada siswa. ‘’Narkoba adalah salah satu musuh terbesar bangsa ini, hukumannya sangat berat. Generasi muda seperti kalian harus berhati hati terhadap bujuk rayu dan perilaku yang menjurus pada penggunaan narkoba, karena remaja seperti kalian adalah masa dimana selalu ingin tahu dan rentan terjerumus dalam perilaku negatif,”lanjutnya.

Selain materi mengenai bahaya narkoba dan bullying, kegiatan intern Matsama mencakup empat hal, yaitu profil, tata tertib, fasilitas dan infrastruktur, serta moderasi beragama, budaya hidup, adab, dan sistem pembelajaran madrasah. Semua materi tersebut bertujuan untuk mempersiapkan siswa kelas VII dalam mengarungi pendidikan di MTs N 2 Sragen dengan baik.

Para siswa terlihat sangat antusias mengikuti Matsama, yang semakin semarak dengan adanya ice breaking dari panitia. William Danish, salah satu peserta Matsama, menyatakan kegembiraannya mengikuti kegiatan tersebut dan merasa bahwa MTsN 2 Sragen adalah pilihan belajar yang tepat baginya.

Matsama berakhir pada Kamis (20/07) pukul 13.00 setelah sholat zuhur berjamaah. Acara ditutup secara resmi oleh Wakil Kepala Madrasah bidang Kesiswaan, Sadi Saksono , didampingi oleh seluruh wali kelas VII yang siap mendampingi dan mengawal siswa baru dalam perjalanan pendidikan selama satu tahun ke depan sebagai siswa MTsN 2 Sragen.

Dalam kesempatan penutupan tersebut, Sadi menyampaikan selamat kepada para siswa yang telah selesai mengikuti MATSAMA dan siap menyambut dunia pendidikan yang baru sebagai siswa kelas VII. Pada hari berikutnya, para siswa akan memulai pembelajaran secara efektif sesuai dengan jadwal yang berlaku.(zhr/Sua)