Hari Ketiga MATSAMA MTsN 7 Boyolali, Siswa Diajak Outbond

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Boyolali-Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Boyolali mengadakan MATSAMA ( Masa Ta’aruf Siswa Madrasah ) selama tiga hari, Senin- Rabu (18-20 Juli 2022). Matsama diawali dengan upacara yang diikuti oleh 256 siswa baru Kelas VII, guru dan pegawai tata usaha. Bertindak selaku  pembina upacara adalah Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Boyolali.

Dalam amanatnya kepala MTsN 7 Boyolali, Chambali mengucapkan selamat datang kepada siswa baru di MTsN 7 Boyolali. Selanjutnya chambali menyampaikan bahwa Matsama merupakan masa pengenalan bagi siswa baru baik mengenai lingkungan madrasah, personalia madrasah sampai pada program dan kegiatan madrasah .

“selamat datang kepada siswa siswi baru madrasah tsanawiyah negeri 7 boyolali, jadikan madrasah ini sebagai rumah kedua kalian, nanti kalian akan diperkenalkan kepada isi rumah di kegiatan matsama ini” kata chambali

Lebih lanjut, Chambali selaku Kepala Madrasah berpesan kepada panitia agar Matsama diisi dengan kegiatan yang bersifat edukatif, konstruktif dan menghindari hal-hal yang bersifat eksploitasi dan kekerasan fisik.

“jangan sampai ada yang sifatnya eksploitasi atau kekerasan fisik, hukuman boleh ada, tapi hukuman itu sifatnya harus mendidik, baca Pancasila dan pembukaan UUD misalnya, atau menghafal surat surat pendek, atau kegiatan lain yang sifatnya mendidik.” pesannya

Sebagai tanda dimulainya Matsama, kepala madrasah menyematkan tanda peserta kepada dua siswa baru. Melalui kegiatan Matsama ini, peserta didik baru akan dikenalkan dengan pola pembelajaran, keunggulan dan karakter serta budaya di lingkungan madrasah.

Waka Kesiswaan, Muhammad Amin sekaligus selaku ketua panitia MATSAMA menyampaikan, dalam kegiatan Matsama ini guru dapat menyampaikan materi yang edukatif, inovatif dan inspiratif. Sehingga bisa menumbuhkan komitmen dan semangat dalam belajar dan cinta kepada lingkungan madrasah.

“Oleh karena itu pelaksananya harus mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan dan sekaligus bermakna, maka pada hari ketiga para siswa baru diajak outbond.” tegas Amin.

Kegiatan Outbond dimaksudkan agar pelaksanaan Matsama benar-benar bisa berkesan bagi siswa baru dengan permainan game-game yang menarik dan sekaligus bermakna sehingga diharapkan siswa baru akan lebih siap dalam menjalani seluruh proses pendidikan di madrasah kedepan. (CH/ZN/Jaim/rf)