IGRA Kab. Karanganyar, Mendidik adalah Menginspirasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Karanganyar – Pertemuan pengurus IGRA (Ikatan Guru Raudhotul Atfal) se-kabuapten Karanganyar dilaksanakan di aula PLHUT Kemenag kabupaten Karanganyar pada hari Selasa, 23 Mei 2023. Rakor pengurus  IGRA  tersebut selain dihadiri oleh pengurus IGRA dari tiap  kecamatan di wilayah kabupaten Karanganyar dihadiri pula oleh pengawas RA Ibu Nur Handayani, M.Pd, Kasi Penma Ibu Siti Muzayanah AM, SH, M.Si dan kepala Kemenag kabupaten Karanganyar Bapak Hanif Hanani, S.H, M.H.

Kepala Kemenag Karanganyar, Hanif Hanani, S.H, M.H. memberikan penguatan kepada pengurus IGRA bahwa Pendidikan yang kuat yang memungkinkan yang mampu menolong masyarakat dari sebuah kehancuran.

“Guru yang baik adalah guru yang mengajarkan, mendemonstrasikan, menginspirasi. Pendidikan itu menyalakan api bukan mengisi bejana. Pada dasarnya setiap anak adalah istimewa karena Allah telah menyiapkan seperangkat potensi yang diinstal dalam fitrahnya. Potensi itu ibarat bara api dalam jiwa setiap anak, tugas guru adalah menyalakannya dengan menstimulus potensi- potensi baik itu agar tumbuh dan berkembang optimal sehingga membuat setiap anak menjadi manusia paripurna dan dapat menjalankan misi hidupnya dengan baik. Sebaliknya bila sang guru hanya menjejali anak dengan sesuatu yang tidak sesuai dengan fitrahnya maka potensi bawaannya bisa jadi tidak akan berkembang dengan baik dan lama kelamaan akan mati,” papar Hanif.

“Guru harus penuh cinta dan kasih sayang. Kasih sayang dan cinta adalah sifat wajib yang harus dimiliki oleh setiap pendidik (guru) terutama di RA. Fase belajar di RA adalah fase yang sangat krusial dalam hidup seorang anak bila seorang guru mampu membimbing anak dengan penuh kasih sayang di fase ini maka ia akan tumbuh menjadi manusia yang penuh percaya diri, toleran dan sangat menghargai orang lain,” jelasnya lebih lanjut.

Selanjutnya pertemuan di isi dengan sosialisasi ketentuan permintaan blanko ijazah dan rencana akan diadakannya sosialisasi penulisan ijazah dan sosialisasi administrasi keuangan khususnya masalah Laporan Pertanggungjawaban Biaya Operasional Raudhatul Athfal.(ida/sua).