Antusiasme Bimwin Kecantol Kamu KUA Karanganom Sangat Tinggi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Klaten – Tidak seperti biasanya KUA Karanganom menyelenggarakan bimbingan perkawinan KeCanTOL KaMU (Kelas Calon Pengantin Online/Offline Karanganom Mantap dan Unggul) sebanyak  tiga kali di bulan Mei, yaitu Rabu tanggal 10, 17, dan 24 Mei 2023. Kegiatan bimwin dilaksanakan di Aula Balai Nikah KUA Karanganom, Klaten.

Bimwin di KUA Karanganom yang diselenggarakan sejak tahun 2018 sebagai salah satu  bentuk pelayanan KUA kepada masyarakat dalam rangka membentuk keluarga sakinah mawaddah warahmah. Selain itu, sebagai salah satu upaya menurunkan angka perceraian, kematian ibu dan bayi, serta menurunkan angka stunting. Maka, KUA menggandeng puskemas, PLKB, pokja PKK, dan Polsek Kecamatan Karanganom.

Sebagaimana disampaikan oleh Plt. Kepala KUA Karanganom H. Slamet, S.Ag di ruang kerjanya bahwa calon pengantin peserta bimwin membludak pesertanya dan antusiasme catin sangat tinggi, sehingga dilaksanakan tiga kali di bulan Mei ini.

“Banyaknya peristiwa nikah ditambah ada penundaan pelaksanaan bimwin di bulan April karena puasa Ramadhan dan Idul Fitri menyebabkan pesertsa bimwin melebihi dari biasanya. Demikian pula karena keterbatasan sarana prasarana maka pelaksanaan bimwin dilakukan tiga kali. Kami berharap dan berupaya semua catin yang mendaftar menikah di KUA Karanganom mendapat pelayanan sebaik-baiknya termasuk mengikuti bimbingan perkawinan,” kata Slamet.

Menurut admin pelaksanaan bimwin, Ulfa, peserta Bimwin mencapai 50 pasang calon pengantin atau 100 orang, dengan perincian bimwin pertama 15 pasang, kedua 20 pasang secara online, dan ketiga 15 pasang.

“Bimbingan secara online tetap lakukan sebagai bentuk kemudahan dari kami bagi catin yang berada di luar Klaten karena terkendala izin dari tempat kerja untuk ikut bimwin,” imbuh Ulfa.

Sebagai syiar kegiatan bimwin, KUA Karanganom memiliki channel Youtube yang bisa diakses oleh masyarakat. Channel youtube yang diaktifkan oleh H. Muslih, kepala KUA Karanganom yang purna tugas sejak Desember 2022 lalu, masih mengudara hingga saat ini. Harapannya, KUA Karanganom (tim KeCanTOL KaMU) dapat selalu bersemangat, istikamah, dan berinovasi  dalam melayani  masyarakat.(wn_aj/Sua)