IHT Implementasi Kurikulum Merdeka Wujudkan Madrasah Mandiri

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – MTs N 1 Kendal mengadalan kegiatan In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka bagi seluruh guru, berlangsung di aula madrasah kegiatan diselenggarakan selama dua hari 19-20 Desembe 2022.

Dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kandal, Senin (19/12) kegiatan turut dihadiri Kasi Pendidikan Madrasah dan mengundang narasumber Widyaiswara Sri Sukarni Katamwatiningsih. Dalam sambutannya Kakan kemenag menyampaikan merdeka belajar dalam proses KMB di kelas harus diikuti dengan kemampuan mengikuti perkembangan teknologi.

“Madrasah harus memiliki otonomi dalam pola pendidikan yang menunjukkan kemandirian sehingga terwujud madrasah mandiri berprestasi. Dalam inovasi pendidikan harus menyedialkan layanan yang humanis,” tutur Kakan Kemenag, Mahrus.

Kurikulum Merdeka Belajar adalah model kurikulum yang saat ini sedang disosialisasikan dan dianimasikan oleh pemerintah ke seluruh satuan pendidikan yang ada di Indonesia. Untuk itu, kegiatan IHT ini diharapkan dapat memberikan pemahaman, pencerahan bagi madrasah dalam  melaksanakan program sekolah penggerak baik dari pusat atau mandiri.

Karakteristik dari kurikulum merdeka yakni lebih fokus pada materi yang esensial, untuk itu beban belajar di tiap mata pelajaran menjadi lebih sedikit. Hal ini bertujuan agar pendidik punya lebih banyak waktu menggunakan metode pembelajaran yang interaktif dan kolaboratif. Sedangkan hal yang perlu dipersiapkan madrasah dalam menerapkan Kurikulum Merdeka antara lain peningkatan kompetensi pendidik dan kepala madrasah untuk terbuka dengan perubahan.

Dalam kurikulum merdeka belajar ini, peserta didik benar-benar diharapkan untuk mengembangkan kemampuan literasi serta numerasi yang mereka miliki dengan dasar penilaian yang dilihat dari kemampuan melakukan analisa serta berpikir kritis melalui kemampuan analisa kognitif. (bel/rf)