Ikuti Tes Psikologi, Siswa Kelas IX Madtsansa Bersiap Tentukan Pendidikan Lanjutan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Saat ini disiplin ilmu psikologi semakin dirasakan manfaatnya dalam sektor pendidikan. Melalui ilmu psikologi, kondisi kejiwaan dan potensi yang ada pada peserta didik dapat diprediksikan dan salah satu cara untuk dapat mengungkapkan kondisi kejiwaan tersebut adalah dengan tes psikologi.

Siswa kelas IX MTs Negeri 1 Banjarnegara secara serentak pada Jumat (4/11) melaksanakan tes psikologi di ruang kelasnya masing-masing. MTs Negeri 1 Banjarnegara bekerja sama dengan sebuah lembaga psikologi dari Yogyakarta untuk dapat mengukur tingkat kecerdasan, bakat, minat dan kepribadian siswa yang bermanfaat untuk BK memberikan arahan studi lanjutan.

Secara terpisah, Nasiah Ningrum selaku koordinator BK MTs Negeri 1 Banjarnegara menyampaikan bahwa setiap madrasah sebenarnya punya kebijakan intern sendiri-sendiri.

“Setiap madrasah tentu memiliki kebijakan intern sendiri-sendiri. Begitupun dengan MTs Negeri 1 Banjarnegara yang juga memiliki peraturan sendiri seperti pengaturan kelas baik unggulan maupun reguler dan penyusunan skala prioritas dalam rangka meningkatkan kemajuan madrasah. Diharapkan dari hasil tes ini nantinya akan dapat membantu ketepatan madrasah dalam membuat garis kebijakan umum madrasah,” tulis Nasiah Ningrum melalui pesan WhatsApp.

Sementara Ikhsanudin, wakil kepala urusan kesiswaan MTs Negeri 1 Banjarnegara mengaku bahwa kegiatan tes psikologi ini merupakan kegiatan yang sebelum masa pandemi memang selalu diadakan.

“Tes psikologi kita laksanakan setiap tahunnya, tapi itu dulu sebelum masa pandemi. Selama masa pandemi, praktis tidak ada kegiatan tersebut. Dan, alhamdulillah mulai tahun ini kita sudah bisa melaksanakannya kembali. Semoga dari pelaksanaan tes ini guru dapat memadukan informasi dari hasil tes ini dengan informasi lain yang relevan dengan siswa sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan kepada siswa terutama memberikan pandangan terkait program pendidikan lanjutan,” ujar Ikhsanudin di ruangannya.

Tes psikologi ini memerlukan waktu sekitar 150 menit melalui tes manual dengan siswa mengerjakan di lembar jawab komputer. Adapun aspek yang diungkap dalam tes psikologi meliputi tes kemampuan umum, minat, kepribadian dan Emosional Quotient. (lin/ak/bd)