Jamaah Sehat dan Bugar Kunci Kemabruran Jamaah Haji

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Jamaah Calaon Haji Kabupaten Brebes sebanyak 476 orang yang sedang mengikuti pelaksanaan manasik haji tingkat Kabupaten Brebes, Selama 2 hari Senin-Selasa, 23-24/5/2022 di Aula Islamic Centre Brebes.

Selama dua hari peserta mendapat  materi baik  kebijakan pemerintah tentang penyelenggaraan ibadah haji dan umrah oleh tingkat Daerah, Tingkat Kementerian dan kebijakan Pemerintah Arab Saudi serta materi kesehatan haji.

Pada materi kesehatan haji, narasumber dari Ineke Tri. S. SKM. M. Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes menyampaikan materi kebijakan pelayanan kesehatan Haji pemda Brebes dalam mendukung penyeenggarakan kegiatan ibadah haji 2022/1443 H.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes menghimbau kepada calaon jamaah haji agar dapat menjalakan ibadah secara maksimal setiap jamaah haji harus menjaga kesehatan, dengan menjaga pola makan dan mememkan makanan bergisi, hindari aktifitas yang berlebihan dan berolahraga secukupnya serta memriksa kesehatan secara berkala.

“Bapak dan Ibu calon jamaah haji agar senantiasa menjaga kesehatan dan kebugaran, mengingat ibadah haji bayak mememerlukan aktifitas fisik sehingga diperlukan asupan gizi yang cukup dan seimbang baik protein karbohidrat dan vitamin dengan memperbanyak memakan buah-buahan dan berolahraga dengan berjalan kaki secukupnya,“ ujar Ineke Tri.

Dalam kesempatan tersebut diadakan dialoq yang cukup hangat antara pemateri dengan para Calon Jamaah Haji, pemateri ditanya tinjauan kesehatan kenapa Arab Saudi tidak memberangkatkan calon jamaah haji yang usianya diatas 65 Tahun walaupun tidak memiliki riwayat kesehatan  yang dikategorikan resiko tinggi dan sedang.

Mendapat peratanyaan tersebut pemateri tidak bisa menjawab dengan pasti karena ranahnya Pemerintah Arab Saudi. Yang bersangkutan menjawab perkiraan dimana resiko haji tahun 2022/1443 H, cukup tinggi mengingat saat ini dunia internasional masih belum lepas dari pandemic, guna mengurangi resiko kematian Jamaah Calon haji dengan usia diatas 65 tahun belum diberikan kesempatan menunaikan ibadah haji tahun 2022, “Saya yakin jika jamaah sehat dan bugar, istitoah kesehatan tercapai dan Insya Allah haji yang mabrur dan paripurna, pungkasnya.(Hid/Sua).