Jambore Germas, Upaya Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Untuk Sehat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Pekalongan – Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, membuka kegiatan Jambore Kader Gebyar Germas Posyandu dan Pengukuhan Duta Germas, berlangsung di Lapangan Mataram Kota Pekalongan, Senin (19/12/2022).

Menurut Wali Kota Pekalongan yang akrab disapa Aaf tersebut, dalam kepemimpinannya bersama Wakil Walikota Salahudin, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat menjadi salah satu visi dan misi yang diprioritaskan. Disampaikan Aaf, bahwa masih banyak tugas untuk mengatasi permasalahan di sektor kesehatan yang semakin berat tantangannya seiring berkembangnya teknologi dan pengobatan di tengah masyarakat.

“Pada 10-20 tahun lalu, masyarakat yang melakukan cek kesehatan biasanya dilakukan diatas usia 50 tahun atau masyarakat rentan terkena penyakit. Di era 2020an hingga saat ini justru masyarakat berumur 30 tahunan menjadi masyarakat rentan terkena penyakit baik itu jantung koroner, stroke, diabetes, dan lain-lain. Semakin majunya teknologi semakin majunya pengobatan tidak menyurutkan masyarakat harus berhati-hati dan betul-betul menjaga kesehatan,” ungkapnya.

Lanjutnya, ada sejumlah faktor yang menyebabkan permasalahan kesehatan masyarakat mulai dari makanan, polusi, lingkungan, dan sebagainya, terutama pada saat pandemi Covid, masyarakat diminta harus memperhatikan dan menjaga kesehatan.

“Di momen ini masih banyak PR tidak hanya penyakit berat, kita juga dihadapkan dengan penyakit tidak menular seperti DBD, muntaber, diare. Harapan kami, pelayanan kesehatan untuk masyarakat Kota Pekalongan bisa lebih maju dan lebih baik lagi ke depannya, dan masyarakat bisa selalu sehat.” harapnya. (Tim Dok/@nSi/bd)