Jambore Kader Posyandu dan Pengukuhan Duta Germas dalam rangka Gebyar Germas

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Pekalongan – Sebagai puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 Tahun 2022, Dinas Kesehatan Kota Pekalongan menyelenggarakan kegiatan Jambore Kader Posyandu dan Pengukuhan Duta Germas dalam rangka Gebyar Germas yang dilaksanakan pada hari Senin, 19 Desember 2022 di Lapangan Mataram Kota Pekalongan. Rangkaian acara diawali dengan Senam Sehat Bersama dengan peserta Kader Posyandu Kota Pekalongan.


Kegiatan dilanjutkan dengan beberapa permainan yang diikuti oleh perwakilan Kader Posyandu dari masing-masing Kecamatan di Kota Pekalongan. Permainan yang dipertandingkan antara lain Estafet Karet, Estafet Sarung, Pundak Lutut Kaki, Piring Terbang, dan Paku Dalam Botol. Permainan selanjutnya adalah lomba Jingle bertemakan Germas. Tim Kecamatan Pekalongan Barat memenangkan beberapa cabang lomba antara lain lomba Estafet Karet, Paku Dalam Botol, Estafet Sarung, dan Piring Terbang, sedangkan lomba Pundak Lutut Kaki dimenangkan oleh tim dari Kecamatan Pekalongan Timur.


Pada kegiatan ini juga diadakan pengukuhan Duta Germas yang akan bertugas mengampanyekan Germas dan menjadi koordinator implementasi kegiatan Germas di Kota Pekalongan. Ketua TP PKK dikukuhkan sebagai Duta Germas, selanjutnya Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pekalongan sebagai Duta Buah dan Sayur, Direktur RSUD Bendan sebagai Duta Cek Kesehatan secara rutin, Sekretaris TP PKK Kota Pekalongan sebagai Duta ASI Eksklusif, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekalongan sebagai Duta Enyahkan Asap Rokok, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman sebagai Duta Fokus Jamban Sehat, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekalongan sebagai Duta Gerakan Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan, Hermawan, SE sebagai Duta Himbauan Pemanfaatan Pekarangan Guna Pemenuhan Gizi Seimbang, dan Aditya, SE sebagai Duta Aktivitas Fisik minimal 30 menit dalam sehari.


Pada kesempatan ini, diserahkan juga sertifikat penghargaan bagi Kader Posyandu sebagai bentuk apresiasi oleh Ketua TP PKK Kota Pekalongan yang secara simbolis diserahkan kepada perwakilan kader dari masing-masing kecamatan yaitu Solekha dari Posyandu Bidara Kelurahan Degayu, Umi Amanah dari Posyandu Nusa Ibdah Kelurahan Buaran Kradenan, Irina Mildawati dari Posyandu Sasana Suka Kelurahan Kauman, dan Susiyanti dari Posyandu Matahari I Kelurahan Pringrejo.

“Dari rangkaian kagiatan ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk lebih memasyarakatkan Germas di Kota Pekalongan.” ungkap Kepala Dinas Kesehatan, Slamet Budiyanto. (Tim Dok/@nSi/bd).