Kabupaten Wonosobo Masuk 10 Besar MTQ XXIX Tingkat Provinsi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo – Pernak-pernik MTQ XXIX Nasional menuju final, Kabupaten Wonosobo bawa pulang 10 penghargaan, mulai dari juara satu, juara dua, juara harapan satu, dua dan tiga.

Hal tersebut disampaikan oleh Ircham Nurharyanto selaku staff Seksi Bimas Islam Kankemenag Kab. Wonosobo yang diberi mandat mendampingi kafilah MTQ asal Kabupaten Wonosobo di Semarang beberapa waktu yang lalu.

Ia mengatakan, sebelum ajang lomba tingkat Provinsi berlangsung, Kafilah wonosobo sebelumnya telah mengadapatkan pembinaan selama dua kali yang dibina oleh pembina yang kompeten dibidangnya, “pembinaan dilaksanakan pada tanggal 11 dan 16 Juli 2022 di MAN 2 Wonosobo yang diikuti oleh 38 anak, terbagi dalam 7 cabang antara lain cabang Tartil, Tilawah (anak, remaja, dewasa), Hafalan (1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz,  30 juz), Fahm Al Quran,  Syarh Al Quran, Kaligrafi dan Karya Tulis Ilmiyah Al Quran,” kata Irham.

Lebih lanjut Irham memberikan keterangan, bahwa pada saat malam penutupan MTQ yang ditutup oleh Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad, juga dibacakan pengumuman hasil penilaian semua cabang lomba.

“Saat diumumkan pemenang, dari seluruh official, pembina, serta kafilah tidak ada yang menyangka bahwa wonosobo mendapatkan 10 kejuaraan dan dua diantaranya sebagai juara satu yang otomatis akan maju tingkat Nasional,” tambah Irham.

Adapun data kejuaraan yang diraih yakni sebagai berikut:

a. Juara 1 Tim MSQ Pi (MAN 1)

b. Juara 1 Seni Kaligrafi Dekorasi pi (Arina Husnayani)

c. Juara 2 Tilawah Dewasa pa (Iwan zen)

d. Juara harapan 1 MSQ pa (MAN 1)

e. Juara Harapan 1 Tilawah anak anak pi (Syaula Zhafira)

f. Juara Harapan 1 Hafalan Al Quran 30 juz pi (Santi Suberkah)

g. Juara Harapan 1 Fahm Al Quran pi (MAN 2)

h. Juara Harapan 2 Tilawah Remaja pi (diani Rosyidah)

i. Juara Harapan 2 Karya Tulis Ilmiyah pi (Aniyatul ‘Ulya)

j. Juara Harapan 3 Kaligrafi Kontemporer pi (Fiqi Himmatul Aula)

Mengetahui hal tersebut, Kakankemenag Kab. Wonosobo menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja keras kafilah hingga membuahkan hasil.

“Selamat dan sukses kepada para kafilah yang telah berjuang dalam ajang MTQ tingkat Provinsi. Terimakasih sudah membawa nama Kabupaten Wonosobo masuk ke 10 besar. Bagi yang belum mendapat juara jangan berkecil hati, teruslah berlatih dan belajar,” ungkap Farid.

Berdasarkan rilis dari akun Instagram @humas.jateng, Kabupaten Wonsoobo masuk peringkat 10 besar menduduki peringkat ke VIII MTQ XXIX 2022 dengan skor 13, sementara untuk peringkat satu diraih oleh kota Semarang dengan skor 109.(Irc-Ws/Sua)