Kakankemenag Kab. Pekalongan Buka Kegiatan Workshop Pembelajaran Aktif Kreatif Menyenangkan Bagi RA/TA/BA Kerja Sama Dengan Ceria Bocah Indonesia

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,-. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, Drs. H. Sukarno, MM membuka Kegiatan Pembelajaran Aktif Kreatif Menyenangkan (PAKEM) melalui Seni Gerak dan Lagu Tematik Motoric Steam dan Loose Part tingkat Raudhatul Athfal (RA) se-Kabupaten Pekalongan, Senin (07/11/2022). Kegiatan ini bekerja sama dengan Organisasi Ceria Bocah Indonesia dari Provinsi DIY.

Kakankemenag dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya pada Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kab. Pekalongan yang mengadakan kegiatan selama satu hari itu meski hanya berbekal semangat, namun bisa menggelar workshop/kegiatan ini. “Luar biasa, karena kurikulum ini sudah menjadi keharusan bagi kita untuk mengimplementasikan di jenjang pendidikan,” ujarnya.

Kakankemenag juga menyampaikan terima kasih pula kepada Organisasi Ceria Bocah Indonesia dari Provinsi DIY yang menjadi pemateri.

Dikatakannya, RA tanpa disadari sudah melaksanakannya dengan bermain dan bernyanyi. Karena semua itu sudah bermuara ke sistem Merdeka Belajar.

“Itu semua sudah bagian dari penerapan pembelajaran di RA, hanya perlu disistematisasi,” katanya.

Kakankemenag berharap, dengan hasil workshop itu, ide-ide brilian bisa dikembangkan ke dalam program.

Muara dari pembelajaran aktif, kreatif, dan efektif tersebut diharapkan dapat menghadirkan suasana pembelajaran bagi anak-anak yang menyenangkan, terutama bagi siswa. Dengan demikian, siswa akan lebih mudah menangkap pelajaran karena suasana dalam diri maupun di luar dirinya mendukung. Pembelajaran menyenangkan adalah pembelajaran yang membuat siswa nyaman, aman, dan tenang hatinya tidak ada ketakutan (dicemooh, dilecehkan) dalam mengaktualisasikan kemampuan dirinya. Apalagi anak-anak RA yang di masa-masa perkembangan 5 tahun emas maka pembelajarannya harus menyenangkan, sehingga tidak ada rasa sedikitpun adanya ketakutan kecemasan yang nantinya membentuk karakter yang paripurna.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Islamic Center Kedungwuni dengan diikuti oleh ratusan guru RA. Kegiatan ini ditutup dengan do’a yang disampaikan oleh Kasi Penmad Kankemenag Kab. Pekalongan Drs. H. Busaeri, MH. (Kdr/MTb/bd)