Kakankemenag Kab. Temanggung Lepas Peserta Pekan Olahraga Madrasah Aliyah (POPMA) Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Fatchur Rochman melepas kontingen Pekan Olahraga Pelajar Madrasah Aliyah (POPMA) yang akan bertanding pada ajang POPMA Tingkat Provinsi Jawa Tengan, bertempat di halaman tengah Kankemenag Kab. Temanggung, Jumat (25/8).

Selain peserta POPMA sebanyak 40 orang, dalam pelepasan ini dihadiri pula Kepala Kankemenag, Kasi Penmad, panitia pelaksana, official. Dalam sambutannya, Kepala Kankemenag Kab. Temanggung, H Fatchur Rochman, menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada kepala madrasah yang telah berkontribusi mensukseskan POPMA tahun 2023. Kedua ucapan terima kasih kepada teman-teman official yang telah membimbing anak-anak di Kabupaten Temanggung yang terpilih, yang berprestasi untuk mewakili Kab. Temanggung di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Dan yang ketiga, ucapan terima kasih kepada teman-teman semuanya yang telah melasakanakan apa yang menjadi program dari pada kegiatan KKM MA tingkat Provinsi Jawa Tengah yaitu Pekan Olahraga Pelajar Madrasah Aliyah. Kepada seluruh peserta untuk menjaga sportivitas dalam pertandingan yang akan dilaksanakan pada tanggal 25-27 Agustus 2023 di GOR UTP Plosongan Surakarta.

“Kompetisi merupakan wujud dari pengejawantahan semua kemampuan yang dimiliki oleh para atlet dan untuk mengembangkan sikap sosial saling menghormati hak-hak orang lain. Pekan Olahraga Pelajar Madrasah juga harus dijadikan ajang silaturahmi bagi madrasah-madrasah di Kab. Temanggung,” tuturnya.

Selanjutnya, Fatchur Rochman menyampaikan secara keseluruhan sukses atas terselenggaranya kegiatan POPMA di Kabupaten Temanggung, sebagai seleksi mendapatkan wakil Kabupaten Temanggung untuk mewakili maju ke provinsi Jawa Tengah yang Insya Allah akan dilaksanakan 3 hari di Solo, untuk berjuang membawa nama baik Kabupaten Temanggung.

“Jaga nama baik Kabupaten Temanggung terutamanya adalah Madrasah Aiyah. Silahkan nanti disana untuk bisa bertanding dan berjuang dengan percaya diri dan semoga membawa kejuaraan. Percaya diri adalah kunci untuk mencapai suatu kemenangan. Bertanding bukan merupakan tujuan utama, karena kalau menjadi tujuan utama itu akan menjadi beban bagi adik-adik semua. Terpenting yaitu terjadi silaturahmi se Jawa Tengah Pelajar Madrasah Aliyah di Solo. Jadi percaya diri saja sebagai kunci utama sukses, tanamkan dalam diri pada saat adik-adik semuanya bertanding. Semoga adik-adik disana dapat bertanding untuk mewakili Kabupaten Temanggung dengan semangat juang tinggi, jangan sampai adik-adik semua loyo dalam bertanding. Untuk teman-teman official harus menjaga kesehatan selama mendampingi adik-adik kita ini selama pertandingan, dan dapat mendampingi secara baik selama 3 hari di Solo,” pesannya.

Terakhir beliau mengucapkan selamat jalan kepada kontingen POPMA Kabupaten Temanggung, baik official maupun teman-teman pendamping. “Insya Allah besok saya juga akan datang langsung ke Solo untuk mensupport adik-adik semua secara langsung. Semangat dan Insya Allah pulang membawa juara,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua KKM MA Kab. Temanggung, Sujadi dalam laporannya menyampaikan,  Dasar kegiatan POPMA adalah surat dari KKMA Provinsi Jawa Tengah Nomor  13/KKMA.Prov.Jateng/VI/2023 tentang Pekan Olahraga Pelajar Madrasah Aliyah (POPMA) Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023.

Adapun tujuannnya kegiatan ini adalah untuk menanamkan ra ukhuwah Islamiyah di kalangan keluarga Madrasah, mengembangkan kompetisi peserta didik, mengembangkan kompetisi secara jujur, martabat dan menjunjung tinggi jiwa kebersamaan ,persaudaraan serta saling menghargai, memotivasi pengembangan program ekstra kulikuler serta meningkatkan prestasi siswa.

Adapun cabang olahraga yang dipertandingkan pada POPMA meliputi bola volley putra-putri, bulu tangkis putra-putri, tenis meja tunggal putra-putri, tenis meja ganda putra-putri, lari 100 m putra-putri,  lari 1.500 putra-putri, tolak peluru putra-putri dan lompat jauh putra-putri.(sr/rf)