KakanKemenag Pati Beri Pesan Kepada 727 Jemaah Haji Kabupaten Pati

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Sebanyak 727 jemaah haji Kabupaten Pati tahun 1443 H/ 2022 M hadir di Pendopo Kabupaten Pati untuk melaksanakan Pembukaan dan Orientasi Bimbingan Manasik Jemaah Haji Kabupaten Pati 1443 H/ 2022 M, Rabu, (18/05).

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, Ali Arifin menyampaikan kepada seluruh jemaah haji agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti rangkaian kegiatan manasik karena kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar para jemaah haji nantinya lebih siap dan mandiri dalam melaksanakan ibadah haji.

“Silakan niat haji Bapak/Ibu ditata. Niatkan ibadah haji karena lillahi ta’ala. Begitupun ketika Bapak/Ibu sudah berada di tanah suci, jangan sampai karena kondisi badan yang lelah, ada hal-hal yang mengotori niat ibadah haji kita. Mengingat waktu yang hanya tinggal 2 minggu ini, tolong kesehatan Bapak/Ibu dijaga agar  ibadah haji bisa berjalan dengan baik dan lancar.  Selain itu yang tidak kalah penting adalah menjaga kesabaran. Sebab, ketika di Arafah Bapak/Ibu tidur di tenda, kondisi badan lelah, mau tidur harus bergantian, makan harus antri, dan hal-hal lain yang bisa memicu emosi kita naik,” pesan Ali Arifin.

Ali Arifin juga mengimbau kepada seluruh panitia penyelenggara haji terkait persiapan pengelompokan regu rombongan, ketua rombongan, petugas kloter, dan petugas kesehatan agar secepatnya diketahui. Hal ini bertujuan untuk memudahkan komunikasi jemaah haji dalam mempersiapkan ibadah haji.

“Semoga dengan adanya kegiatan manasik, ilmu Bapak/Ibu bertambah dan insyaAllah pulang ibadah haji menjadi haji yang mabrur,” harap Ali Arifin.(fza-at/Sua)