Kakankemenag Pati Pantau Penyembelihan Hewan Kurban

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Di hari pertama tasyrik, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Pati, Ali Arifin memantau penyembelihan hewan kurban di beberapa Masjid di wilayah Kabupaten Pati, Rabu (21/7/2021).

Ali Arifin menyebutkan dirinya sengaja mengunjungi beberapa masjid di Kab. Pati untuk memantau prosesi penyembelihan hewan kurban yang dikoordinir langsung oleh panitia setempat.

“Pemantauan ini untuk melihat dari dekat apakah panitia dan umat yang berkurban senantiasa memperhatikan kesehatan dan keselamatan jiwanya ditengah pandemi Covid 19 saat ini”, ucapnya ketika memantau penyembelihan hewan kurban masjid Shirotol Mustaqim yang terletak di desa Puncel Kec. Dukuhseti Pati.

Dikatakannya, dari beberapa masjid yang menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban, pada umumnya prosesi penyembelihan, pencacahan, dan pembagian daging kurban berlangsung baik,  namun masih didapati beberapa tempat yang petugas pencacah daging lupa mengenakan masker.

KaKankemenag yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Subbag Tata Usaha Kemenag Jepara ini berharap panitia penyembelihan hewan kurban di hari tasyrik pertama, kedua dan ketiga benar-benar memperhatikan protokol kesehatan. “Semoga besok atau lusa semuanya pada peduli prokes. Tapi saya mengapresiasi warga Pati karena dari semua masjid yang saya kunjungi sama sekali tidak terjadi konsentrasi atau kerumunan massa. Ini artinya pendistribusian daging kurban terkoordinir dengan baik”, tuturnya.

Ali Arifin berpesan kepada warga Pati untuk tetap menjaga protokol kesehatan, bukan hanya pada saat hari raya idul kurban namun juga di hari-hari setelahnya.

KaKankemenag Pati juga tidak lupa menyampaikan ucapan selamat hari raya Idul Adha 1442 H kepada seluruh masyarakat Pati yang merayakannya, dan mengajak umat untuk terus melangitkan doa kehadirat Allah SWT agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir. (at)