Kankemenag Pekalongan Sosialisasikan Assesmen Bakat Minat Bagi Madrasah Aliyah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN, (HUMAS) — Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, melalui Seksi Pendidikan Madrasah menggelar Sosialisasi Asesmen Bakat Minat bagi siswa siswi Madrasah Aliyah se-Kabupaten Pekalongan. Kegiatan yang dilaksanakan di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan di Kajen ini merupakan tindaklanjut Sosialisasi di tingkat Provinsi pada Hari Selasa, (17/10/2023) melalui zoom meeting. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 18 Oktober 2023 pukul 13.00 WIB dengan peserta segenap Kepala Madrasah Aliyah beserta operator/proctor madrasah.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan Gunawan menyampaikan bahwa Kegiatan Asesmen Bakat Minat merupakan kegiatan yang di luncurkan oleh BP3 BKSAP Kemdikbud Ristek Dikti yang di Tahun 2023 merupakan tahun pertama bagi Madrasah Aliyah di Kabupaten Pekalongan, karena di Tahun 2020 pernah di laksanakan hanya di beberapa Provinsi dan beberapa Madrasah Aliyah piloting saja, untuk itu harus di sambut kesempatan baik ini dengan baik. Hasil asesmen bakat minat ini nantinya menyajikan gambaran bakat minat siswa yang memberikan kemudahan mengenali bakat minatnya guna mempersiapkan masuk ke Perguruan Tinggi maupun dalam memasuki dunia kerja. Selain itu, hasil tersebut akan di terangkan lebih detail oleh para guru BK dengan penjelasan agar anak yang akan masuk perguruan tinggi maupun dunia kerja sudah ada pemetaan bakat dan minat. Jadi, sudah dibuatkan pemetaannya sehingga anak itu terarah sesuai dengan kemampuannya, ucapnya.

Selanjutnya, pada kesempatan itu bertindak sebagai narasumber dari Tim Teknis Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan Saudara Kindro Dwi Raharjo dan Mustaqim menyampaikan bahwa asesmen ini diperuntukkan untuk siswa kelas XII Madrasah Aliyah yang akan dilaksanakan sekitar tanggal 20-23 Nopember 2023. Setelah kegiatan ini, di harapkan Madarasa Aliyah segera melengkapi atribut data siswa kelas XII pada laman EMIS dan vervalpd agar terimpor seluruhnya ketika ditarik datanya di laman pendataan ABM.
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan H. Imam Tobroni mengharapkan meski tidak diwajibkan namun agar kegiatan ini diikuti seluruh Madrasah Aliyah se-Kabupaten Pekalongan, dikarenakan sangat bermanfaat dalam peningkatan kualitas lulusan dan menyiapkan karir semakin terarah.(kdr/mtb/bd).