Kegiatan Kemah Penerimaan Tamu Penggalang Sebagai Pertemuan Indah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kab. Pekalongan – Selama dua hari 22-23 Juli 2022 Gudep MTs. N 1 Pekalongan menyelenggarakan Kemah Penerimaan Tamu Penggalang (KPTG). Kegiatan ini sebenarnya merupakan salah satu dari kegiatan adat yang setiap tahunnya dilaksanakan di pangkalan Gudep M 113 dan M 114.

Untuk kali ini kemah diselenggarakan di pangkalan MTs. N 1 Pekalongan. Ini bagian dari kegiatan ekstra kurikuler wajib yang dua tahun sebelumnya tidak diselenggarakan akibat pembatasan kegiatan masyarakat demi mencegah wabah Covid 19. Kemah kali ini diikuti 258 peserta dari peserta didik kelas VII dengan 30 panitia pendamping dari kelas VIII dan IX. (Jum’at, 22/07/2022).

Emi Sofana, M.Pd.I dalam sambutannya mewakili Ka Mabigus MTs.N 1 Pekalongan pada pembukaan kegiatan menyampaikan  puji syukur kepada Allah kita bisa melaksanakan  apel pembukaan KPTG.

“Ini sebagai pertemuan indah. Selama lebih 2 tahun kita tidak bisa tatap muka melaksanakan kegitan pramuka dengan segala kegiatannya akibat adanya covid-19, dan saat ini pertama kali setelah adanya Covid 19 kita bisa bertatap muka dan melaksanakan pembukaan kegiatan kemah penerimaan tamu penggalang namun tetap harus waspada dan menjaga kesehatan,” jelas Emi.

Emi Sofana juga menjelaskan tentang pentingnya seorang penggalang sebagai nggota pramuka memahami  Tri Satya dan Dasa Darma dan penerapannya untuk dipraktikkan dalam ucapan dan perbuatan. Pada akhir sambutannya, Emi Sofana memberikan motivasi pada peserta dengan memaparkan prestasi yang pernah dicapai  Gudep Pa dan Pi MTs. N 1 Pekalongan.

“Semoga Pramuka MTs N 1 Pekalongan bisa bagus dan berjaya lagi seperti pada masa lalu yang bisa tembus berprestasi pada LT atau Lomba Tingkat Propinsi. Persiapkan diri ambil contoh yang baik, mari kita berptrestasi.” selanjutnya Emi sofana membuka Kemah Penerimaan Tamu Penggalang dengan bacaan basmalah.

Target dari kegiatan kemah ini adalah pembentukan karakter peserta sebagaimana disampaikan Abdul Azis, S.Pd., Ketua Pelaksana KPTG.

“Peserta KPTG secara resmi menjadi anggota Gudep dengan mengikuti paket kegiatan antara lain Dinamika Kelompok, Bakti sosial, Malam Inagurasi, Qiyamul lail, Olah raga Gembira serta Out Bound. Kegiatan ini bagian dari pembentukan karakter untuk melatih kemandirian, kerjasama tim, kepedulian sosial, keterampilan, kesehatan dan kebugaran serta ketahanan fisik,” terangnya.  

Salah satu pelaksanan kegiatan Bakti Sosial, pada  kesempatan setelah pembukaan, perwakilan peserta KPTG menyerahkan paket kebutuhan bahan pangan pada Panti Asuhan Al-Huda Paesan yang diterimakan oleh pengurus. (US-IY/Ant/bd).