Kemenag Gelar Pembinaan ASN, Taufiq : Monitor Serapan Anggaran Menuju 70% Pada Juli 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Boyolali (Kemenag) – Sejak dilantik pada 2 Mei 2023, Taufiqur Rahman, Kepala Kantor Kemenag Kab. Boyolali terus meminta Kasubbag TU, Para Kasi dan Gara serta seluruh Kepala Satker Madrasah untuk melakukan percepatan serapan anggaran agar mencapai 70% pada Bulan juli, sesuai dengan kebijakan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas , kepada seluruh jajarannya agar serapan anggaran pada Juli 2023 sudah mencapai 70 persen.

“Dalam berbagai kesempatan Menteri Agama selalu menyampaikan kepada seluruh jajarannya, agar serapan anggaran pada Bulan juli 2023 sudah mencapai 70 persen,” kata Taufiq

Untuk mencapai target 70% serapan anggaran di Bulan Juli 2023, lanjut Taufiq, diperlukan strategi serta control yang tinggi dari masing masing pimpinan satker dan unit kerja serta memastikan seluruh kegiatan dilaksanakan dengan cepat dan tepat. Kebijakan Menteri Agama tersebut bertujuan agar seluruh kegiatan yang dibiayai negara tidak dilaksanakan secara asal asalan di akhir tahun.

“Salah satu strategi percepatan serapan anggaran agar mencapai 70 persen di bulan Juli, adalah dengan adanya system control dari pimpinan satker dan unit kerja terhadap penyusunan rencana penarikan anggaran dan pelaksanaan kegiatan DIPA per bulan,” ujar Taufiq

Pada kesempatan tersebut, Taufiq juga mengingatkan kepada seluruh Kepala Madrasah yang hadir, agar memastikan penyelenggaraan IKM berjalan dengan baik, pembayaran TPG agar dicairkan tepat waktu, dan internalisasi Penguatan Moderasi beragama di Madrasah telah masuk dalam seluruh mata pelajaran.

Kepada Bimas Islam dan unit kerjanya, Taufiq menyampaikan hasil Rakornas Ditjen Bimas Islam pada Bulan Mei 2023 yang lalu, kedepan posisi Kepala KUA dapat diisi dari unsur Penyuluh Agama Islam dan ASN Wanita. secara administrative penyebutan KUA Kecamatan akan dihapus diganti dengan Kantor Urusan Agama dengan pengembangan tugas dan fungsi KUA dari 11 TUSI menjadi 68 TUSI. Menghadapi hal tersebut, saya minta kepada kasubbag TU dan Analis Kepegawaian jika ada penambahan P3K, agar ditugaskan di KUA.

“Seluruh satuan kerja dan unit kerja di lingkungan Kantor Kemenag Kab. Boyolali agar memastikan pelaksanaan TUSI masing masing, 2023 merupakan jadwal implementasi IKM, Kepala Madrasah pastikan IKM berjalan dengan baik. untuk kepala KUA, pastikan Revitalisasi KUA berjalan dengan baik sesuai dengan regulasi yang berlaku,” pesan Taufiq

Dalam Pembinaan ASN ini diikuti oleh seluruh Pejabat Utama Kantor Kemenag Kab. Boyolali, para Kepala KUA, para Kepala MAN, MTsN dan MIN, para Pengawas Pendidikan Madrasah dan PAI, para Penyuluh Agama Fungsional dan perwakilan ASN Kantor. Pada kesempatan ini juga dilaksanakan Pengukuhan Tim Kreatif yang bertugas mempublikasikan seluruh kegiatan Kemenag Kab. Boyolali. Tim Kreatif ini juga akan dibentuk diseluruh satker Madrasah se- Kab. Boyolali (ZN/ZI/rf)