Kerja Sama dengan Edubrand, KKMTs 01 Pati Hadirkan Narasumber IKM Nasional

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati, Humas — Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (KKMTs) 01 Pati menggelar Workshop Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Tahun Pelajaran 2023/2024 pada Sabtu (15/7). Workshop diikuti 131 peserta terdiri atas komponen kepala madrasah, waka kurikulum, dan guru. Menghadirkan narasumber nasional, Estina Ekawati, Widyaiswara Ahli Madya Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) DIY, workshop berlangsung di Hotel New Merdeka, Pati.

Estina memaparkan dengan detail terkait konsep-konsep penting dalam Kurikulum Merdeka. Para peserta dengan antusias memperhatikan materi yang disampaikan oleh Estina. Setelah pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Selain menghadirkan narasumber nasional, workshop juga dihadiri oleh Plt. Kepala Kankemenag, Ahmad Syaikhu, Kasi Penmad Kankemenag Kabupaten Pati, Ruhani, dan Pengawas Madrasah, Sarmidi. Pelaksanaan workshop menggandeng Edubrand sebagai sahabat kerja KKMTs 01 Pati.

Syaikhu menyampaikan apresiasi kepada Pengurus KKMTs 01 Pati yang gencar melakukan penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka.

“Kami dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pengurus KKMTs 01 Pati, kalau saya lihat ini sudah berkali-kali melaksanakan semacam penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka,” ujarnya.

Sebagai Koordinator KKMTs 01 Pati, Ali Musyafak berharap dengan adanya workshop ini, dapat memberikan pencerahan bagi para peserta dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di madrasah masing-masing.

“Semoga setelah ini, para peserta benar-benar memahami Kurmer terutama dalam menerapkan P5PPRA sehingga dapat melayani peserta didik dengan baik dan akhirnya membawa kemajuan bagi MTs se-KKMTs 01 Pati,” tuturnya.

Tak jauh berbeda dengan Syafak, Ketua KKMTs 01 Pati, Suci Wasono mengungkapkan bahwa menjadi kewajiban pihaknya untuk memberikan pelayanan kepada seluruh anggota KKM dalam pelaksanaan workshop IKM ini.

“Alhamdulillah, walau sudah banyak MTs yang menyelenggarakan dengan mandiri, kewajiban Pengurus KKM adalah memberikan layanan ke seluruh anggotanya. Bagi yang sudah, maka akan menjadi penguat. Bagi yang belum, tentunya akan menjadi ilmu yang sangat berharga,” ungkapnya.

Suci juga menyampaikan ungkapan terima kasih kepada pihak Edubrand, Kepala Madrasah se-KKMTs 01 Pati, dan para peserta yang telah mensukseskan pelaksanaan Workshop IKM ini.

“Kami harap dengan mengikuti workshop ini sudah bisa tersusun perangkat IKM, selanjutnya untuk bisa diaplikasikan di madrasah masing-masing, agar madrasah di KKMTs 01 Pati selalu terdepan dan lebih baik dari yang lain,” imbuhnya.

Lailatun Ni’mah, peserta workshop mengatakan bahwa perubahan kurikulum dari waktu ke waktu tidak secara otomatis serta merta meningkatkan kualitas pendidikan. Namun jika kualitas guru meningkat, maka otomatis kualitas pendidikan pasti meningkat.

Untuk itu, Laila sangat bersyukur memperoleh kesempatan mengikuti kegiatan ini. Di samping itu, materi yang disampaikan oleh narasumber juga sangat mudah diterima sehingga membuat ia dan peserta lain antusias mengikuti hingga selesai.

“Terima kasih kepada Edubrand yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Kegiatan seperti ini sangat dinanti-nanti oleh teman-teman guru, utamanya yang baru akan menjalankan Kurikulum Merdeka. Terima kasih juga kepada KKMTs 01 Pati yang sangat peduli dan melayani kepada para anggotanya. Semoga ke depan tetap eksis dalam peningkatan mutu madrasah bersama se-KKM,” tutupnya.(TiM/at/Sua)