Kultum Madtsansa: Ini  Dia Khasiat Sedekah ala Azizah Khoirunisa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Sistem zakat, infak dan sedekah merupakan salah satu bukti terbesar keberhasilan syariat Islam dalam mencapai kecukupan kebutuhan umat manusia. Itulah kultum yang disampaikan oleh Azizah Khoirunisa perwakilan  pengurus OSIM Madtsansa pada Selasa, (5/4/22) di masjid  Darul Ulum MTs N 1 Banjarnegara.

Remaja yang masih kelas 7 ini menyebut pada hakikatnya, manusia itu tidak hidup sendiri. Melainkan, hidup bersama masyarakat yang lain.

“Kehidupan bertetangga dan berkeluarga menjadi contoh yang lazim. Hal tersebut membuktikan, bahwa setiap manusia tidak akan pernah bisa hidup tanpa bantuan orang lain.” terang Azizah.

Selain pandai berpidato, wanita yang akrab disapa Mamah Dedeh ini juga menghimbau kepada siswa-siswi MTs Negeri 1 Banjarnegara  untuk terus ingat bahwa saling berbagi satu sama lain adalah perbuatan yang disukai Allah S.W.T.

“Dalam hadis riwayat At-Thabrani, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, ‘Tidaklah beriman kepadaku orang yang kenyang semalaman. Sedangkan, tetangganya kelaparan di sampingnya. Padahal ia mengetahuinya.’ Maka, berdasarkan hadis tersebut kita akan tahu, bahwa fitrah setiap orang itu saling membutuhkan satu sama lain,” tandas Azizah berapi-api.

Dengan mengikuti ajaran Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, Azizah menganjurkan kita untuk bersedekah dan berinfak kepada orang yang membutuhkan. Karena hakikatnya, hal tersebut sudah menjadi tanggung jawab umat muslim sebagai orang-orang yang sudah berkecukupan.  (ran/ak/rf)