Lagi, MTsN 1 Pati Borong 8 Medali Olimpiade Tingkat Asia

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Setelah berhasil memborong 35 medali tingkat Asia pada bulan Januari lalu, kini siswa MTsN 1 Pati kembali memboyong 8 medali tingkat Asia dalam ajang Asian Science Olympiad 2022 yang diselenggarakan oleh Indonesian Competition Foundation pada 1 Mei 2022.

Delapan medali yang berhasil diperoleh tersebut antara lain 3 emas, 3 perak, dan 2 perunggu. Adapun rinciannya, ialah bidang Mathematics Junior High School diraih Nur Syifa Anggraeni (emas), Elisha Amanda Putri (perak); bidang English Junior High School diraih Elisha Amanda Putri (emas), Nur Syifa Anggraeni (emas); bidang Science Junior High School diraih Lusiana Shita Ifi Ardila (perak), Elisha Amanda Putri (perak), Salma Aura Fathania  (perunggu), dan bidang Chemistry Senior High School diraih oleh Elisha Amanda Putri (perunggu).

Asian Science Olympiad 2022 diikuti oleh 1.192 peserta dari 10 negara di Asia, yaitu India, Thailand, Hongkong, Myanmar, Philipines, Indonesia, Iran, Sri Lanka, Laos, dan Malaysia. Lomba ini diumumkan pada 8 Mei 2022 secara daring.

Nur Syifa Anggraeni, siswa peraih dua medali emas, mengungkapkan jika dalam Asian Science Olympiad, ia mengikuti dua mapel sekaligus, yaitu matematika dan bahasa Inggris. “Dalam lomba ini saya mengikuti dua mapel, yaitu matematika dan bahasa Inggris. Alhamdulillah, keduanya dapat emas,” ungkapnya.

Syifa menjelaskan bahwa dirinya gemar mengikuti berbagai lomba karena merasa tertantang dengan hal baru sekaligus dapat menambah wawasan. Selain itu, ia juga ingin memaksimalkan waktu senggang yang ia miliki. “Alhamdulillah, saya merasa senang dan tertantang mengikuti lomba sekaligus bisa menambah wawasan. Saya juga ingin menggunakan waktu senggang saya dengan sebaik-baiknya agar bisa mengikuti berbagai lomba, misalnya di hari Minggu,” jelas Nur Syifa.

Di akhir pernyataannya, Syifa mengucapkan terima kasih kepada guru pembimbing dan MTsN 1 Pati. “Terima kasih kepada guru pembimbing yang telah membagikan ilmunya untuk saya dan ke depannya semoga sukses terus untuk MTsN 1 Pati,” ucapnya.

Menanggapi kabar prestasi tersebut, Ali Musyafak, Kepala MTsN 1 Pati, menjelaskan jika madrasah selalu berusaha meningkatkan mutu, baik mutu input, mutu proses, maupun hasil. “Salah satu yang dilakukan untuk meningkatkan mutu adalah istiqomah mengikuti lomba-lomba, baik akademik maupun nonakademik, baik tingkat kabupaten, provinsi bahkan sampai tingkat internasional,” jelas Ali Musyafak.

Syafak juga mengapresiasi peran aktif siswa dalam mengikuti berbagai lomba yang mampu mengharumkan nama MTsN 1 Pati hingga di tingkat internasional. “Selamat kepada anak-anakku yang telah berperan aktif dalam progam peningkatan mutu madrasah. Kalian hebat, tidak hanya mampu bersaing di tingkat nasional, tetapi sampai ke tingkat Asia bahkan internasional. Semoga prestasi kalian menjadi jariyah yang akan diukir dengan tinta emas di Madrasah yang kita cintai,” pungkasnya.(TiM_at/Sua)