Madrasah Persiapkan UNBK Berbasis CBT

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Grobogan – Dalam mempersiapkan madrasah dalam penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau biasa disebut CBT (Computer Based Test), Kantor Kementerian Agama Kabupaten Grobogan menggelar beberapa kegiatan, diantaranya rapat koordinasi yang telah dilaksanakan pada Senin (06/02), verifikasi persiapan madrasah yang dilaksanakan sejak Senin (06/02) dan hari ini diselengarakan pelatihan proktor dan teknisi di Aula MAN Purwodadi, Rabu (08/02).

Rapat koordinasi dihadiri 90 orang Kepala Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah di Kabupaten Grobogan membahas tentang hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam UNBK. Madrasah diminta untuk mempersiapkan ruang yang representatif, komputer server dan client untuk peserta ujian sesuai spesifikasi standar, server, kesediaan jaringan dan listrik yang mencukupi serta tenaga yang menguasai pengelolaan TIK untuk mensukseskan ujian yang akan digelar perdana tersebut.

Kepala Subbagian Tata Usaha Ali Ichwan menyampaikan bahwa dalam mempersiapkan UNBK ada beberapa hal teknis yang perlu dibicarakan dan dipersiapkan. “Rakor ini sengaja kami laksanakan untuk optimalisasi kesiapan madrasah dalam menyelenggarakan UN/UNBK, mengingat banyaknya hal teknis yang harus dikomunikasikan dengan kepala madrasah agar UNBK Tahun 2017 nanti sukses,” urai Ali.

“Berdasar pada kalender pendidikan bahwa pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2017 akan berlangsung pada April hingga Mei 2017, maka perlu persiapan yang lebih matang. Perlu dipetakan madrasah mana yang belum bisa menyediakan sarana dan prasarana komputer, sehingga bisa menggabung ke madrasah yang sudah siap,” imbuhnya.

Pemantauan kesiapan madrasah calon penyelenggara UNBK tersebut langsung dipimpin Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Grobogan Muh Arifin yang beranggotakan Kepala Subbag TU Ali Ichwan, Pelaksana Tugas Kepala Seksi Madrasah Abdur Rouf, pegawai Seksi Pendidikan Madrasah dan tim ahli komputer dan jaringan.

Beberapa sarana prasarana yang dicek oleh tim diantaranya server, komputer/laptop dan spesifikasinya, jaringan internet, instalasi pendukung dalam komputer/laptop semisal Virtual Box, listrik dan teknisi/proktor. Selain itu madrasah juga diminta menyediakan headset sebanyak jumlah komputer klien, UPS minimal untuk server yang mampu bertahan selama 2 jam aktif dan genset sebagai cadangan kalau terjadi ganggungan listrik.

Adapun SDM petugasnya digarap tersendiri dalam kegiatan Pelatihan Proktor dan Teknisi UNBK yang diselenggarakan di aula MAN Purwodadi yang berlangsung pada Rabu (8/2) ini. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kelompok Kerja Kepala Madrasah Aliyah dan Tsanawiyah (KKM MA-MTs) Kabupaten Grobogan ini diikuti oleh petugas dari madrasah yang akan mengadakan UNBK mandiri, yang terdiri 22 teknisi dan 26 proktor madrasah aliyah, dan 22 teknisi dan 57 proktor madrasah tsanawiyah.

Sebagai ketua penyelenggara Kepala MAN Purwodadi Suhamto menyampaikan tugas serta peran proktor dan teknisi UNBK sangat penting, maka perlu diselenggarakan pelatihan khusus yang didampingi ahlinya. “Dengan pelatihan ini, para proktor dan teknisi diharapakan mampu menjalankan tugasnya demi suksesnya pelaksanaan UNBK,” harapnya.

Pelaksana Tugas Kasi Pendidikan Madrasah Abdur Rouf yang mewakili kepala kantor menyampaikan untuk madrasah UNBK adalah pengalaman pertama maka perlu dipersiapkan dengan baik semua perlengkapan dan peralatan UNBK, baik dari segi hardware, software serta sumber saya manusianya.

Rouf meminta madrasah untuk merencakan dan menyiapkan UNBK dengan baik. “Semoga pelaksanaan UNBK nanti lancar tidak ada kendala teknis maupun non teknis dengan hasil yang memuaskan. Kita, madrasah harus sukses perencaan, sukses pelaksanaan dan sukses hasil tidak kalah dengan sekolah,” harap Rouf.

Pelatihan proktor dan teknisi ini menghadirkan nara sumber guru IT sekolah yang sudah melaksanakan UNBK tahun lalu, Wedo Aji Wibowo dan Bina Setiawan dari SMKN 1 dan Budi Eko Utomo dari SMAN 1 Purwodadi. “Kamilah yang ditunjuk Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan untuk mendampingi dan membekali proktor dan teknisi pada pelaksanaan UNBK tahun ini,” terang salah satu mereka. (bd-mh-pr/gt)