Majukan Madrasah, MA Tanbihul Ghofilin Adakan PKKM

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – MA Tanbihul Ghofilin (MA Tangho) laksanakan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) tahun 2022. PKKM merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data yang dikerjakan oleh kepala madrasah pada setiap indikator pemenuhan standar yang telah ditentukan. Pada PKKM ini dipimpin oleh Ibu Nurlaela Isnaeni selaku Pengawas Madrasah Kabupaten Banjarnegara dan dihadiri oleh seluruh guru MA Tangho. Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium Tanbihul Ghofilin pada pukul 10.00 WIB s/d selesai, Kamis (12/1).

PKKM sendiri dilakukan setiap tahunnya untuk menjaring informasi bahan pengambilan keputusan dalam penetapan efektif atau kurang efektifnya kinerja kepala madrasah. Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja kepala madrasah, menghimpun informasi sebagai dasar untuk pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Nurlaela Isnaeni selaku Pengawas Madrasah Kabupaten Banjarnegara mengatakan bahwa dalam setiap kegiatan yang ada di MA Tangho harus ada dokumentasinya. Pemanfaatan TIK pada setiap mata pelajaran sebagai media ajar juga diperlukan untuk menunjang kemampuan siswa.

“Untuk setiap kegiatan yang dilakukan oleh MA Tangho harus selalu di dokumentasikan supaya bisa digunakan sebagai laporan ketika dibutuhkan nantinya. Untuk lab komputer juga jangan hanya digunakan untuk pembelajaran informatika saja, tapi juga digunakan untuk mata pelajaran lainnya. Siswa harus dapat mengikuti zaman modern yang sudah serba digital. Meskipun sekolah berbasis Pondok Pesantren tapi jangan sampai kalah dengan sekolah lain pada umumnya,” ucapnya

Destiyani Sri Wijaya selaku guru MA Tangho menyampaikan bahwa beliau berharap dengan diadakannya PKKM ini bisa digunakan sebagai acuan dalam pengembangan apa yang sudah ada di MA Tangho. Desti juga menambahkan dari adanya kegiatan ini bisa mendapat masukan yang membangun dari Pengawas untuk guru MA Tangho.

“Saya dan teman guru yang lain berharap semoga dari kegiatan PKKM ini dapat digunakan oleh Madrasah kami sebagai acuan dalam pengembangan mutu Pendidikan dan sarana prasarana yang ada di MA Tangho. Kami juga mendapat masukan yang sangat positif dari Ibu Pengawas yang bisa membuat kami lebih baik kedepannya,” ujarnya. (sza/rf)