MAN 2 Kudus GelarSalatGaibBerdukaAtasTragediGempa di Cianjur

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kudus – Siswa dan guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus menggelar shalat gaib dan doa bersama di Mushola Nurul Iman milik madrasah, Selasa (22/11/2022). Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian atas tragedy gempa yang terjadi di Cianjur yang memakan korban nyawa lebih dari duaratus orang. Dalam tragedy gempa bumi yang mengguncang Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (21/11/2022) siang sebenarnya tidak terlalu besar. Namun, gempa bermagnitudo 5,6 itu menimbulkan kerusakan signifikan karena berjenis tektoni kerak dangkal atau shallow crustal earth quake.

Doa bersama dan salat gaib ini diikuti oleh seluruh siswa dari kelas 10 sampai kelas 12. Keseluruhan jumlahnya ada sekitar 1.265 siswa yang melakukan shalat gaib di Mushola Nurul Iman.

Sebelum shalat gaib para guru dan siswa melaksanakan shalat dhuhur berjamaah yang merupakan salah satu program keagamaan rutin di MAN 2 Kudus. Kemudian dilanjutkan dengan shalat gaib dan doa bersama.

Kepala MAN 2 Kudus, Shofi, mengatakan, apa yang pihaknya lakukan merupakan bentuk kepedulian dan penghormatan kepada korban yang meninggal atas tragedy gempa bumi yang mengguncang Cianjur, Jawa Barat, pada Senin lalu (21/11/2022).

“Guru dan siswa MAN 2 Kudus melakukan doa bersama dan shalat gaib ini adalah bentuk kepedulian MAN 2 Kudus kepada mereka yang tertimpa  musibah meninggal dunia, mudah-mudahan diampuni dosa-dosanya dan amal mereka diterima di sisi Allah. Untuk korban yang sakit dan masih dirawat mudah-mudahan lekas sembuh, serta untuk seluruh keluarga korban diberikan ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi musibah,” kata Shofi.

Doa bersama berikut shalat gaib ini merupakan amalan lazim yang dilakukan oleh MAN 2 Kudus. Biasanya dilakukan saat ada terjadi musibah. Ini merupakan bentuk kepedulian dan simpati secara social keluarga besar MAN 2 Kudus kepada korban bencana.

Pada hari yang bersamaan juga dilakukan penggalangan dana dari guru dan siswa untuk korban gempa di Cianjur yang dimotori oleh pengurus OSIS, Irmush (Ikatan Remaja Mushola) dan PMR (Palang Merah Remaja) MAN 2 Kudus. Semua dana yang terkumpul rencananya akan disumbangkan untuk korban gempa di Cianjur, dengan harapan bias meringankan penderitaan korban gempa di Cianjur.  Barokalloh. (Widya/WHP/bd)